PUJI RAHAYU NINGSIH, 12505194031 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING, MINAT BELAJAR, DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Puji Rahayu Ningsih, 2021, Pengaruh Pembelajaran Daring, Minat Belajar dan Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung, Tesis Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1). Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, Pembimbing 2). Dr. Eni Setyowati, M.M., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang proses belajar di MI SeKecamatan Kalidawir Tulungagung. Pada proses belajar saat ini mulai diterapkan dengan model pembelajaran daring, akan tetapi masih banyak kekurangan sehingga perlu adanya evaluasi dengan tujuan memperbaiki. Seperti halnya penyampaian materi oleh guru agar mudah dipahami oleh siswa dengan metode online. Pelaksanaan pembelajaran daring secara online ini bisa berpengaruh pada minat belajar siswa. Salah satu fakta yang terjadi beberapa siswa mengumpulkan tugas bukan dari hasil tulisan sendiri dan ada yang tidak mengumpulkan tugas sama sekali. Hal tersebut berpengaruh pada nilai siswa. Ada yang mendapatkan nilai diatas rata-rata dan ada yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Dari fenomena tersebut perlu adanya bimbingan dari orangtua. Pola asuh orangtua disini berperan penting pada minat belajar siswa. Siswa yang mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari orangtua akan semangat, jujur dalam mengerjakan tugas, sehingga bisa berpengaruh pada prestasi belajar. Dengan demikian perlu adanya kerja sama antara siswa, guru, dan orangtua untuk mensukseskan proses belajar agar bisa memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa itu sendiri. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana kondisi pembelajaran daring pada siswa MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana kondisi minat belajar siswa MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana kondisi pola asuh orangtua siswa MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 4) Bagaimana kondisi prestasi belajar pada siswa MI SeKecamatan Kalidawir Tulungagung? 5) Adakah Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se- Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 6) Adakah Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se- Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 7) Adakah Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se- Kecamatan Kalidawir Tulungagung? 8) Adakah Pengaruh Pembelajaran Daring, Minat Belajar, dan Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi (hubungan). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3131 populasi dengan cluster sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel pada 4 sekolah dengan jumlah responden sebanyak 100. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, dokumen hasil penilaian akhir tahun siswa pada semester genap dengan metode pengumpulan data berupa angket, google form dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif pada variabel Pembelajaran Daring Siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung dalam kategori baik dengan presentase 39%. (2) Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif pada variabel Minat Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung dalam kategori baik dengan presentase 32%. (3) Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif pada variable Pola Asuh Orangtua di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung dalam kategori baik dengan presentase 40 %. (4) Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif pada variabel prestasi belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung dalam kategori sangat baik dengan presentase 46%. (5) Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung (3.264) > t tabel (1.985) dengan nilai sig sebesar 0,002 < 0,05 dengan artinya ada pengaruh positif pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI Se-Kecamatan Kalidawir Tulungagung. (6) Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung (7.741) > t tabel (1.985) dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh positif minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se-kecamatan Kalidawir Tulungagung (7) Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung (2.691) > t tabel (1.985) dan nilai sig sebesar 0,008 < 0,05 yang artinya ada pengaruh positif pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa di MI se-kecamatan Kalidawir Tulungagung. (8) Berdasarkan hasil analisis diperolah nilai F hitung (24.759) > F tabel (2.6) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa H a diterima dan H o ditolak, sehingga ada pengaruh positif pembelajaran daring, minat belajar dan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa di MI se-kecamatan Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | S2 12505194031 PUJI RAHAYU NINGSIH |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 02:31 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 02:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32264 |
Actions (login required)
View Item |