ROHEDI KHUSNA WIJAYANTI, 12201183491 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri” ini ditulis oleh Rohedi Khusna Wijayanti, NIM. 12201183491 dan dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Fiqih, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya moral dan emosional siswa di zaman modern. Siswa sekarang sering melakukan tawuran, melakukan hal-hal terlarang seperti membiasakan minum minuman beralkohol, dan lebih mengkhawatirkan lagi di kalangan siswa atau muda zaman sekarang mengkonsumsi narkoba adalah sebuah hal biasa bahkan dianggap lebih mengikuti perubahan zaman. Dengan adanya fenomena seperti ini di kalangan siswa, maka tugas guru adalah meningkatkan dan juga membina kecerdasan emosional siswa agar lebih bisa mengkontrol diri dan mampu memilah mana yang baik dan mana yang benar, karena siswa termasuk generasi-generasi penerus bangsa Indonesia. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi pengorganisasian guru fiqih dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? (2) bagaimana strategi penyampaian guru fiqih dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? (3) bagaimana strategi pengelolaan guru fiqih dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di lokasi MTs Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verivikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, memperpanjang pengamatan, dan ketekukan atau keajaegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru menyusun materi menyesuaikan dengan kurikulum yang dipakai di MTs dan menyesuaikan juga dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat, tidak mengalami kendala dalam penyusunannya dan, menanamkan pemahaman siswa terhadap materi dengan mengaitkan kejadian-kejadian yang ada di sekitar siswa dengan menyesuaikan keadaan siswa kelas VIII, (2) guru menggunakan media belajar dan banyak metode, menyampaikan materi sesuai dengan RPP dan ditunjang dari buku pegangan yang sudah ada, dan guru mengalami kendala saat penyampaian materi yaitu siswa yang mengantuk sampai tertidur pada saat jam belajar (3) guru mengelola pelajaran sesuai dengan jadwalnya, memiliki buku catatan kemajuan belajar siswa, mengkontrol sikap dan juga akademis siswa, memberi motivasi untuk siswa disiplin memprakekkan teori keagamaan yang sudah diajarkan, dan guru mengalami kendala dalam pengelolaan materi fiqih yaitu emosi peserta didik yang masih sangat labil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183491 Rohedi Khusna Wijaya |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32382 |
Actions (login required)
View Item |