RAHMA LUIL MAKNUN, 12205183067 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG PADA MATA PELAJARAN IPA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (957kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 7 Tulungagung Pada Mata Pelajaran IPA” ini ditulis oleh Rahma Luil Maknun, NIM. 12205183067, pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M.Pd. Kata kunci : Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dalam proses pembelajaran di kelas diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA? (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA? (3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung yang berjumlah 81 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas V-A yang berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas untuk uji prasyarat, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T-test yaitu Independent Sample t-Test, uji Paired t-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA. Hal ini dilihat dari perolehan t_hitung sebesar 17,805 dan Sig.(2-tailed) adalah 0,000, karena t_hitung>t_tabel atau 17,805 > 1,674 dan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA. Hal ini dilihat dari perolehan t_hitung sebesar 16,619 dan Sig.(2-tailed) adalah 0,000, karena t_hitung>t_tabel atau 16,619 > 1,674 dan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nilai probability yaitu 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183067 Rahma Luil Maknun |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32388 |
Actions (login required)
View Item |