STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK GULA MERAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus UD. Karya Manis Desa Karangsono Ngunut Tulungagung)

ELLA YUDIYANI, 12405183279 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK GULA MERAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus UD. Karya Manis Desa Karangsono Ngunut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (441kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk Gula Merah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UD. Karya Manis Desa Karangsono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, sehingga startegi pengembangan produk sangat penting dilakukan oleh suatu perusahaan agar produk yang dihasilkan lebih unggul dan berkualitas dan dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Permasalahan yang dirumuskan oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana strategi pengembangan produk gula merah yang dilakukan oleh UD. Karya Manis untuk meningkatkan volume penjualan ? (2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh UD. Karya Manis dalam proses pengembangan produk untuk meningkatkan volume penjualan ? (3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh UD. Karya Manis untuk menghadapi kendala dalam proses pengembangan produk untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajian pada Strategi Pengembangan Produk Gula Merah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UD. Karya Manis di desa Karangsono kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini: (1) Strategi pengembangan produk gula merah yang dilakukan oleh UD. Karya Manis untuk meningkatkan volume penjualan dengan menggunakan strategi peningkatan kualitas, peningkatan keistimewaan dan peningkatan gaya produk. (2) Kendala dalam proses pengembangan produk untuk meningkatkan volume penjualan meliputi harga bahan baku yang naik dan terlambat serta persaingan pasar. (3) Solusi dalam menghadapi kendala dalam proses pengembangan produk untuk meningkatkan volume penjualan yaitu ketika harga bahan baku naik perusahaan menaikkan harga produk namun tetap mengutamakan kualitas dan ketika bahan baku mengalami keterlambatan pihak UD. Karya Manis mencari supplier bahan baku lain, sedangkan dalam persaingan pasar UD. Karya Manis selalu mengedepankan keunggulan produk dan lebih kreatif dalam berinovasi pada produk. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Gula Merah, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183279 Ella Yudiyani
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:36
Last Modified: 30 Jan 2023 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item