PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN SATU TULUNGAGUNG

RISKA AVIDAYANTI, 12401183224 (2023) PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Promosi, Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN SATU Tulungagung” ini ditulis oleh Riska Avidayanti, NIM. 12401183224, Pembimbing Bapak Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan sistem perbankan syariah memiliki pengaruh yang luas pada upaya untuk meningkatkan ekonomi umat dan kesadaran baru untuk mengadopsi dan memperluas lembaga keuangan syariah. Krisis perbankan yang terjadi sejak tahun 1997 telah menunjukkan bahwa bank beroperasi di bawah prinsip syariah dapat bertahan ditengah gejolak nilai tukar dan tingkat suku bunga yang tinggi. Kesadaran ini didukung oleh karakteristik kegiatan usaha bank syariah yang melarang bunga konvensional, dan penerapan nisbah bagi hasil sebagai pengganti dan melarang transaksi keuangan spekulatif (Al-Gharar) dan tidak didasarkan pada kegiatan usaha yang jelas. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji pengaruh promosi terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (2) Untuk menguji pengaruh pengetahuan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (3) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (4) Untuk menguji pengaruh promosi, pengetahuan dan religiusitas secara bersama-sama terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada 84 Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN SATU Tulungagung. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Promosi, Pengetahuan dan Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (3) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. (4) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada mahasiswa jurusan perbankan syariah UIN SATU Tulungagung. Kata Kunci: Bank Syariah, Nasabah, Pengetahuan, Promosi, Religiusitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183224 RISKA AVIDAYANTI
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:39
Last Modified: 03 Feb 2023 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32601

Actions (login required)

View Item View Item