MUHAMMAD AFIF SAPUTRA, 12201183499 (2023) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (577kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (491kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Afif Saputra, NIM. 12201183499, Pembimbing : Suwanto, M.S.I Kata Kunci : Peran, karakter, implementasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai fenomena mengenai penerapan peran guru PAI dalam membentuk karakter pada peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya kenakalan, pergaulan dikalangan pelajar. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran guru PAI sebagai pendidik dalam pembentukan karakter siswa. Guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islamadalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syariat islam.Peranan Guru Pendidikan Agama Islam tersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya sudah baikmenjadi lebih baik lagi. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islam selain menstransfer ilmu Agama juga berperan dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan syariat islam dan budaya bangsa Indonesia. Untuk mendalami hal tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai teladan dalam pembentukan karakter peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam pembentukan karakter peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber datanya yaitu dari guru PAI, guru BK, Waka Kesiswaan dan siswa. Metodepengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi,ketekunan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil penelutian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peranan yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswadi SMAN 1 Rejotangan Tulungagung dimana Guru Pendidikan Agama Islam telah mengajarkan dan membimbing siswa untuk berperilaku yang berkarakter baik. Guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembentukan karakter seperti metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode qishah. Sedangkan faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa yaitu faktor eksteren atau faktor yang dipengaruhi dari luar seperti keluarga, dan untuk faktor penghambat dalam pembentukan karakter seperti adanya pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan penggunaan media sosial yang berlebihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183499 Muhammad Afif Saputra |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 07:37 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32899 |
Actions (login required)
View Item |