PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X SMA/MA

ANTIKA PRASTIANI, 12208183154 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Bahan Ajar Pada Materi Kingdom Plantae Kelas X SMA/MA" ditulis oleh Antika Prastiani, NIM 12208183154, dengan dosen pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul interaktif, Bahan Ajar, Materi Kingdom Plantae. Peran bahan ajar sangat penting dalam proses pembelajaran, karena berguna membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat, pendidik senantiasa harus mengikuti dalam penggunaan dan pengembangan bahan ajar yang inovatif dan kreatif. Bahan ajar yang digunakan oleh pendidik sangat berpengaruh terhadap keefektifan pembelajaran. Peserta didik membutuhkan bahan ajar yang berbasis digital dan bersifat interaktif yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan E-Modul Interaktif pada mata pelajaran biologi materi kingdom plantae. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan hasil pengembangan E-Modul interaktif sebagai bahan ajar materi kingdom plantae untuk peserta didik kelas X SMA, (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan E-Modul interaktif sebagai bahan ajar materi kingdom plantae untuk peserta didik kelas X SMA, (3) mendeskripsikan keefektifan pengembangan E-Modul interaktif sebagai bahan ajar materi kingdom plantae untuk peserta didik kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research and development (RnD), dengan model pengembangan ADDIE. Desain eksperimen yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan memberikan pre test dan post test terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan prerlakuan yang berbeda. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) E-Modul interaktif dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, memiliki lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). E-Modul interaktif digunakan sebagai bahan ajar yang efektif dan efisien untuk kegiatan belajar peserta didik dan menunjang untuk belajar mandiri, (2) Kelayakan E-Modul interaktif diukur dari uji validasi. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru pengampu biologi, secara berturut-turut memperoleh persentase 87,5%, 93,75%, 86,25, dengan kategori sangat valid dan sedikit revisi, (3) Keefektifan E-Modul interaktif diukur berdasarkan uji coba yang telah dilakukan di SMAN 2 Trenggalek. Uji coba tersebut melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen X MIPA 4 dan kelas kontrol sebagai pembanding X MIPA 5, dengan hasil uji Independent sample Test nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan E-Modul interaktif dengan kelas kontrol yang menggunakan buku paket. Dengan demikian E-Modul interaktif yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183154 ANTIKA PRASTIANI
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:20
Last Modified: 22 Feb 2023 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32971

Actions (login required)

View Item View Item