MUHAMAD ALI NURDIN, 12204173134 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 TULUNGAGUNG PADA MATERI PENYAJIAN DATA TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Skripsi Dengan Judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 5 Tulungagug Pada Materi Penyajian Data” ini di tulis oleh Muhamad Ali Nurdin, NIM. 12204173134, pembimbing Dr. Sutopo, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran konvensional yang membuat rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa, dimana dalam pembelajaran guru hanya bersumber pada buku paket, hal itu membuat siswa menjadi bosan untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan inovasi model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran blended learning. Dengan model pembelajaran blended learning ini siswa tidak hanya belajar secara tatap muka yang bersumber dari buku paket, melainkan dengan bantuan internet sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar dan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran blended learning. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data adalah uji t dan MANOVA dengan bantuan SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar siswa. Dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,002 dengan α = 0,05 yang berarti H 1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika. Dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,003 dengan α = 0,05 yang berarti H 1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh Sig. untuk Pillai’s Trace. Wilks’lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root = 0,001 dengan α = 0,05 yang berarti H 1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173134 Muhamad Ali Nurdin |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:46 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33216 |
Actions (login required)
View Item |