STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY HANGER EMBUN DAN DINAR DESA KALANGAN, KECAMATAN NGUNUT, KABUPATEN TULUNGAGUNG

DAVIT ERVANSAH, 12402173197 (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY HANGER EMBUN DAN DINAR DESA KALANGAN, KECAMATAN NGUNUT, KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Hanger Embun dan Dinar Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Davit Ervansah, NIM 12402173197, Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan usaha antara pelaku usaha, maka pada setiap perusahaan besar maupun kecil dituntut untuk lebih memperhatikan strategi pemasarannya. Setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar tujuan nya tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada home industry hanger “Embun dan Dinar” Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pada home industry hanger “Embun dan Dinar” Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan dan menganalisa tentang kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran pada home industry hanger “Embun dan Dinar” Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskripstif. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan pada home industry hanger “Embun dan Dinar” dengan menggunakan strategi pemasaran 7P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) Dan Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bukti Nyata (Physical Evidence). Dampak yang ditimbulkan dari penerapan strategi pemasaran yaitu membuat penjualan produk semakin berkembang dan meningkat, sehingga dari tahun ke tahun jumlah penjualan produk hanger dapat meningkat. 2) Kendala dan solusi yang terdapat di home industry hanger “Embun dan Dinar” mampu diselesaikan atau diminimalisir dengan baik setelah mengetahui secara spesifik apa saja kendala pada masing-maing proses. Dari proses produksi, penentuan harga, lokasi, dan strategi promosi. Kendala produk yaitu ketika banyak banyak pesanan namun kehabisan bahan baku karena harga bahan baku sedang naik drastis, jika sudah seperti ini solusinya produsen segera mencari sulier bahan baku lain. Kendala harga yaitu ketika. Kendala harga yaitu ketika harga bahan baku naik maka bisa jadi harga produk akan ikut naik. Solusinya dengan membuat stok yang banyak ketika bahan baku masih dalam kondisi aman. Kendala promosi yaitu karena hanya dari mulut ke mulut, maka terkadang ada saja pihak yang mengungkapkan jika produk dari home industry hanger “Embun dan Dinar” kurang baik. Solusinya yaitu dengan terus mempertahankan kualitas produk kami, agar konsumen lebih yakin dan semakin mendapatkan kepercayaan dari konsumen lama ataupun yang baru. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Home Industry.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173197 Davit Ervansah
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:15
Last Modified: 08 Mar 2023 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33229

Actions (login required)

View Item View Item