PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA MELAYU SISWA KELAS IV PRA’THOM SRIFARIDA BARU WITYA SCHOOL KOTA BARU RAMAN YALA THAILAND SELATAN

Diana Lutfiana Ulfa, 3217113025 (2015) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA MELAYU SISWA KELAS IV PRA’THOM SRIFARIDA BARU WITYA SCHOOL KOTA BARU RAMAN YALA THAILAND SELATAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-PERSETUJUAN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
3-PENGESAHAN.docx

Download (22kB)
[img] Text
4-MOTTO.doc

Download (80kB)
[img] Text
5-HALAMAN PERSEMBAHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
6-KATA PENGANTAR.docx

Download (35kB)
[img] Text
7-DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
8-DAFTAR TABEL.docx

Download (25kB)
[img] Text
9-DAFTAR GAMBAR.docx

Download (24kB)
[img] Text
10-DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
11-ABSTRAK Diana Revisi.doc

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
BAB I - V Revisi Diana.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Melayu Siswa Kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan” ditulis oleh Diana Lutfiana Ulfa, NIM. 3217113025, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini,MA. Kata Kunci: The Power of Two, Hasil Belajar, Bahasa Melayu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena adanya kesan yang kurang baik dan kurangnya motifasi siswa terhadap pelajaran bahasa Melayu. Hasil belajar siswa jauh dari standar yang telah di tentukan karena guru lebih menekankan pada aspek pembahasan dengan teori-teori tentang masalah yang di hadapi, serta lebih menekankan bekerja secara individu. Oleh karena itu peneliti menggunakan Model pembelajaran The Power of Two dalam pembelajaran bahasa Melayu sebagai upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Melayu siswa Kelas IV Pra'thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kolaboratif melalui penerapan metode the power of two pada mata pelajaran bahasa Melayu pokok bahasan jenis-jenis kata pada siswa kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pembiasaan belajar aktif siswa melalui penerapan metode the power of two pada mata pelajaran bahasa Melayu pokok bahasan jenis-jenis kata pada siswa kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. (3) Untuk menjelaskan bahwa penerapan metode the power of two pada mata pelajaran bahasa Melayu pokok bahasan jenis-jenis kata dapat meminimalkan kesenjangan antar siswa kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya (1) penerapan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Melayu. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I 50,31 (50,31%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,20 (84,37%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 34,06%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar kolaboratif bahasa Melayu Siswa Kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan. (2) pembiasaan belajar aktif siswa mengalami peningkatan dari hasil observasi sikus I dengan kriteria cukup baik menjadi kriteria baik pada siklus II. Kebiasaan belajar siswa menjadi lebih aktif sehingga pada siklus I siswa cenderung bermain dan tidak mau memperhatikan pelajaran menjadi lebih aktif dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. (3) Kesenjangan antar siswa mengalami penurunan dari hasil observasi sikus I kurang menjadi kriteria sangat baik pada siklus II. Tanggung jawab siswa dalam membantu sesama anggota untuk belajar meningkat, pada siklus I siswa cenderung bekerja sendiri, pada siklus II siswa saling membantu untuk menyelesaikan masalah atau pertanyaan. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Melayu pokok bahasan jenis-jenis kata siswa kelas IV Pra’thom Srifarida Baru Witya School Kota Baru, Raman, Yala, Thailand Selatan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 3217113025 Diana Lutfiana Ulfa
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:41
Last Modified: 27 Jul 2016 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item