PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JANTI I PAPAR KEDIRI

EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS, 2817123058 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JANTI I PAPAR KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SAMPAI ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS BAB IV.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN Janti Papar Kediri” ini ditulis oleh Evin Murdya Puspitaningtias, NIM. 2817123058, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muhamad Jazeri, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Janti I Papar Kediri, yang hasil belajar peserta didik masih dibawah kriteria minimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode STAD dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN Janti I Papar Kediri? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas V dengan penerapan model pembelajaran STAD? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN Janti I Papar Kediri dengan penerapan model pembelajaran STAD? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Rescearch) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Janti I Papar Kediri. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai minimal 75. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah (1) Proses pembelajaran kooperatif tipe STAD diawali: (a) tes awal yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, dan acuan dalam pembentukan kelompok berkemampuan heterogen, (b) menyampaikan tujuan pembelajaran, mempertegas materi yang akan dipelajari, dan memotivasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik, (c) menjelaskan materi dengan ceramah dan pemberian contoh dalam mengenal unsur-unsur cerita, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok secara heterogen dalam kelompok terdiri dari 4-6 peserta didik kemudian diskusi kelompok, terakhir mempresentasikan hasil kelompok, dan (d) peneliti dan peserta didik memberikan kesimpulan dari hasil pembelajaran. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN Janti I Papar Kediri pada kelas V dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Menerapkan model pembelajaran STAD motivasi menjadi meningkat hingga mencapai angka 1,90 yang artinya motivasi belajar peserta didik menjadi sangat baik dari sebelumnya, dan (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN Janti I Papar Kediri pada kelas V dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil belajar peserta didik yang pada saat tes awal rata-rata mendapatkan nilai 66,5 kemudian saat test akhir siklus I rata-rata mendapatkan 74,5, dan saat tes akhir siklus II nilai peserta didik meningkat memenuhi KKM yaitu rata-rata 85,5.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123058 EVIN MURDYA PUSPITANINGTIAS
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:22
Last Modified: 27 Jul 2016 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item