PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KARANGAN PADA MATERI TRIGONOMETRI

RISMA ARUM KHOIRUNNISA, 12204183300 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KARANGAN PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Karangan pada Materi Trigonometri” ditulis oleh Risma Arum Khoirunnisa, NIM. 12204183300, dosen pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Double Loop Problem Solving, Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Disposisi Matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil PISA 2018 yang menunjukkan kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah, meskipun sistem pendidikannya telah diperbaiki dan Kurikulum 2013 telah diterapkan sejak 2013 secara bertahap. Selain itu, penerapan Kurikulum 2013 tidak diikuti dengan penggunaan model pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan Kurikulum 2013. Akibatnya kemampuan penalaran adaptif dan disposisi matematis peserta didik masih rendah. Hal ini juga didukung dengan pengalaman dan penemuan peneliti selama melaksanakan magang di SMAN 1 Karangan, yaitu kemampuan penalaran adaptif dan disposisi matematis peserta didik masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran adaptif dan disposisi matematis peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap disposisi matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri, (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif dan disposisi matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental, dan dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah 333 peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap disposisi matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri, (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif dan disposisi matematis peserta didik kelas X SMAN 1 Karangan pada materi Trigonometri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183300 Risma Arum Khoirunnisa
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:55
Last Modified: 12 Apr 2023 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item