Indri, Pramita,Gresia (2014) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMPN Boyolangu Tahun Pelajaran 2013-2014. [ Skripsi ]
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
10.abstrak.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar, Gaya Berpikir . Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan seringnya penggunaan model pembelajaran konvensional sehingga membuat para siswa jenuh. Alasan ini kemudian dibelokkan menjadi perbedaan jenis gaya berpikir serta ketidakmampuan siswa menerima model pembelajaran baru dalam matematika sehingga menyebabkan minimnya hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir konvergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu? (2)Apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir divergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu?. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir konvergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu. (2)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir divergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis quasi-eksperiment dengan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Instrumen untuk menjaring data menggunakan pre testdan post test. Berdasarkan hasil penelitian, mengungkap bahwa (1)Ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir konvergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu, terbukti dengan hasil t-test pada kelas yang memiliki gaya berpikir konvergen, signifikansi di dapatkan 0,756 >0,05. (2)Ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir divergen, terbukti dengan hasil t-test pada kelas yang memiliki gaya berpikir konvergen siswa kelas VIII SMPN 1 Boyolangu, signifikansi di dapatkan 0,225 > 0,05. Maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya berpikir siswa baik yang mempunyai gaya berpikir konvergen maupun yang mempunyai gaya berpikir divergen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 08:11 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 08:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |