RISKA NUR KHOIR, 2817123141 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA PAKISAJI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I BARU.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II BARU.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III BARU.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV BARU.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V BARU.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Riska Nur Khoir NIM 2817123141 dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), IPS, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah masalah bahwasanya peserta didik kurang tertarik pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Kondisi tersebut disebabkan oleh: (1) pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) guru menggunakan pendekatan yang hanya berpusat pada guru, guru menjelaskan materi dengan ceramah dan peserta didik hanya mendengarkan. (2) pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat kurang aktif, sehingga hasil belajar peserta didik banyak yang di bawah KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diharapkan dapat eningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia pada peserta didik kelas MI Miftahul Huda Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar model kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Pakisaji kec. Kalidawir kab. Tulunggagung 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Pakisaji Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-Langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah : peneliti menjelaskan materi pada peserta didik, kemudian peserta didik diberi pertanyaan dan diberi waktu beberapa menit untuk memikirkan jawaban individu dari pertanyaan tersebut, Guru meminta peserta didik untuk berpasangan dan beri kesempatan pasangan tersebut untuk berdiskusi, Hasil diskusi di tiap-tiap pasangan hasilnya dijelaskan di depan teman sekelasnya dan peserta didik yang lain memberi tanggapan. Peneliti mengevaluasi hasil kerja kelompok dan peneliti bersama peserta didik membuat kesimpulan. Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan. Pre test 29,41% dengan nilai rata-rata 63,8. Kemudian post test siklus I mengalami peningkatan yaitu 58,82 % dengan nilai rata-rata 74,11. Dan dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 82,35% dengan nilai rata-rata 83,52. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Pakisaji kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123141 RISKA NUR KHOIR |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 07:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3394 |
Actions (login required)
View Item |