Anis sukmawati, 1756144004 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN AUTENTIK (Studi Multisitus di SMP N 1 dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
Cover depan.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Cover back logo lama.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan pembimbing_1.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
Prakata_5.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL_1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Arab.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (315kB) |
||
|
Text
Dokumentasi Kegiatan di SMP Negeri 1 Tulungagung.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
Dokumentasi Kegiatan di SMP Islam Al Azhaar.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
Biografi.pdf Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Penilaian Autentik (Studi Multisitus di SMP Negeri 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung)” ini ditulis oleh Anis Sukmawati yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Dr. Muhammad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Salah satu faktor penentu keberhasilan dalam pembelajaran adalah penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Selama ini pelaksanaan penilaian masih mengutamakan penilaian pengetahuan saja dan kurang memperhatikan kompetensi sikap dan keterampilan. Oleh karena itu diperlukan sebuah Penilaian Autentik yang berusaha menyeimbangkan penilaian pada kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara nyata berdasarkan apa yang dicapai oleh peserta didik. Dengan penilaian tersebut, diharapkan pembelajaran akan meningkat terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi sikap di SMP Negeri 1 dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung?; (2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi pengetahuan di SMP Negeri 1 dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung?; (3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi keterampilan di SMP Negeri 1 dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi multi situs. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi sikap, didahului dengan pembinaan sikap dengan berbagai kegiatan keagamaan kemudian dinilai dengan beberapa teknik penilaian yaitu teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal yang dilakukan secara bergantian karena keterbatasan waktu. Dengan demikian pelaksanaan Penilaian Autentik pada kompetensi sikap akan berjalan dengan maksimal jika dilakukan secara total baik dari segi administrasi maupun kerjasama stakeholder pendidikan dalam pengawasan dan pembinaan sikap peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi pengetahuan dilakukan dengan beberapa teknik penilaian yaitu tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Secara umum penilaian ini menggunakan acuan penilaian patokan (PAP) dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bagi peserta didik yang belum tuntas maka akan diadakan remidi, baik remedial teaching maupun remedial learning, sesuai dengan kemampuan peserta didik. Dengan demikian pelaksanaan Penilaian Autentik pada kompetensi pengetahuan dimulai dengan proses pembelajaran yang autentik, disertai dengan tugas-tugas yang autentik, sehingga penilaian juga dapat dilakukan secara autentik. (3) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan penilaian autentik pada kompetensi keterampilan dilakukan dengan beberapa teknik penilaian yaitu praktik, produk, dan portofolio. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan melibatkan partisipasi peserta didik, sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar secara langsung, mengasah keterampilan yang berguna bagi kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756144004 Anis sukmawati |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 06:32 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3426 |
Actions (login required)
View Item |