NAUFAL FARIS MANDA, 2824123033 (2016) ANALISIS SISTEM LAYANAN JEMPUT ZAKAT, TRANSFER REKENING DAN DATANG SENDIRI KE KANTOR TERHADAP KEPUASAN DONATUR BAITUL MAAL HIDAYATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1. COVER.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. RUJUKAN, LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Sistem Layanan Jemput Zakat, Transfer Rekening dan Datang Sendiri ke Kantor Terhadap Kepuasan Donatur Baitul Maal Hidayatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Naufal Faris Manda dibimbing oleh Ibu Eka Sri Astutiningsih, SE., MM. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni masih minimnya perolehan zakat di Indonesia yang masih berkisar di angka 2-3 triliun rupiah per tahun, sedangkan potensi zakat di Indonesia yang sebenarnya ialah mencapai 217 triliun rupiah per tahun. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menganalisis bagaimana sistem layanan di sebuah lembaga amil zakat berpengaruh terhadap kepuasan donatur. Sebab kepuasan tersebut nantinya yang akan menjadi pemicu kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan dananya kepada badan atau lembaga amil zakat sehingga hasilnya pengelolaan dapat lebih baik dan disalurkan sesuai dengan syariah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh sistem layanan jemput zakat terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung? (2) Adakah pengaruh sistem layanan transfer rekening terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung? (3) Adakah pengaruh sistem layanan datang sendiri ke kantor terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung? (4) Apakah sistem layanan jemput zakat, transfer rekening, dan datang sendiri ke kantor berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada masing-masing sistem layanan yakni jemput zakat, transfer rekening dan datang sendiri ke kantor terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung, serta untuk mengetahui apakah sistem layanan jemput zakat, transfer rekening, dan datang sendiri ke kantor berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan donatur LAZ BMH Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi LAZ BMH Tulungagung sebagai bahan kajian dan pengembangan pengetahuan bagi lembaga pengelola zakat, dalam hal ini Lembaga Amil Zakat Nasional BMH Tulungagung terhadap strategi pengelolaan yang berkualitas. Penelitian ini diharapkan juga sebagai tolok ukur sejauh mana BMH Tulungagung menjalankan amanahnya dalam hal pengelolaan zakat tersebut bagi kepuasan muzakki. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran dalam penulisan karya ilmiah sejenis yang dilakukan oleh peneliti yang akan datang sehingga penelitian tersebut dapat lebih tajam dalam analisisnya dan memberi manfaat yang lebih luas kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Bagi almamater, penelitian diharapkan dapat menambah perbendaharaan karya tulis ilmiah yang dapat digunakan sebagai bahan kajian lebih lanjut, khususnya di bidang pengelolaan lembaga amil zakat bagi mahasiswa Jurusan Zakat dan Wakaf (ZAWA) Fakultas Syariah Ilmu Hukum (FASYIH) serta mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara angket. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem layanan jemput zakat dan transfer rekening berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan donatur. Artinya, donatur rutin merasa puas dengan sistem layanan jemput zakat dan transfer rekening yang diberikan oleh BMH Tulungagung. Sebab dengan layanan tersebut donatur lebih mudah untuk berdonasi sesuai dengan kemampuannya. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara datang sendiri terhadap kepuasan donatur. Hal ini menunjukkan bahwa donatur tidak mendapatkan kepuasan yang signifikan apabila berdonasi dengan cara datang sendiri ke kantor BMH Tulungagung. Kemudian dari hasil uji yang terakhir, sistem layanan jemput zakat, transfer rekening dan datang sendiri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan donator, dimana artinya ketiga layanan tersebut berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan donatur Baitul Maal Hidayatullah Tulungagung. Kata Kunci : Jemput Zakat, Transfer Rekening, Datang Sendiri, Kepuasan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2824123033 NAUFAL FARIS MANDA |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 04:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3462 |
Actions (login required)
View Item |