PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MASA TRANSISI PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AIN ROSAFIKA, 12201183324 (2023) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MASA TRANSISI PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Disiplin Masa Transisi Pandemi Covid 19 di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ain Rosafika, NIM. 12201183324. Pembimbing: Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pendidikan Karakter Disiplin Penelitian dalam skripsi ini dimulai dengan fenomena sosial mengenai peran guru PAI (sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator) dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Pendidikan karakter sangat berpengaruh dalam diri siswa, tanpa adanya pendidikan karakter yang dibiasakan pada diri siswa akan berdampak buruk untuk kedepannya. Dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa disekolah tidak lepas dari peranan guru, sehingga dapat dikatakan peranan guru berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter siswa, yang diimbangi dengan pembelajaraan ilmu pengetahuan dan keterampilan siswa melalui sebuah pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung?. (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung?. (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam pembentukan karakter disiplin masa transisi pandemi covid 19 di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Sumbergempol Dsn. Pasir Ds. Junjung, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung dengan menggunakan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek pengabsahan data digunakan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan teman sejawat, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI sebagai motivator dalam pembentukan karakter disiplin di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung yaitu guru memberikan motivasi untuk membangun semangat belajar siswa dengan cara memberikan pujian, memberikan dorongan terhadap siswa yang memiliki tingkat belajar rendah, memberikan pemahaman ulang akan materi yang belum difahami, memberikan teguran dan hukuman kepada siswa bagi yang melanggar. Pembiasaan yang diperoleh menjadikan siswa datang tepat waktu, mentaati aturan yang berada disekolah, pembiasaan budaya 5S (Sapa, salam, senyum, sopan,

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183324 AIN ROSAFIKA
Date Deposited: 03 May 2023 07:54
Last Modified: 03 May 2023 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34881

Actions (login required)

View Item View Item