YURISTA PUTRITAMA, 12205193136 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIN 1 Tulungagung” ditulis oleh Yurista Putritama, NIM 12205193136, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Karakter Siswa Penanaman pendidikan karakter sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memperhatinkan. Penanaman karakter pada usia madrasah ibtidaiyah harus ditanamkan dengan sungguh-sungguh, karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan karakter yang baik dan budi pekerti yang mulia, melalui penanaman nilai-nilai pendidikan dan pembiasaan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru untuk membentuk karakter melalui penanaman nilai-nilai pendidikan siswa di MIN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru untuk membentuk karakter melalui pembiasaan siswa di MIN 1 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru untuk membentuk karakter melalui penanaman nilai-nilai pendidikan siswa di MIN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru untuk membentuk karakter melalui pembiasaan siswa di MIN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan MIN 1 Tulungagung yaitu nilai religius seperti: jujur, adil, amanah, dapat dipercaya, bersedekah, peduli antar sesama, bertanggung jawab, dan nilai patriotisme seperti: rukun, disiplin, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, tidak mudah menyerah. Penanaman nilai karakter di MIN 1 Tulungagung melalui strategi keteladanan, penguatan, dan kerjasama dengan wali murid. (2) Program pembiasaan di MIN 1 Tulungagung melalui kegiatan religius, dan kegiatan nasionalisme. Kegiatan religius diantaranya salat berjamaah, yasin dan tahlil, tahfidz, sedekah jumat, membaca doa diawal dan diakhir pembelajaran. Sedangkan kegiatan melalui nasionalisme meliputi upacara bendera, piket, gotong royong membersihkan madrasah. Adanya pembiasaan secara rutin menumbuhkan pembiasaan secara spontan yaitu memiliki sikap sopan santun, dan terpuji.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193136 YURISTA PUTRITAMA |
Date Deposited: | 03 May 2023 04:05 |
Last Modified: | 03 May 2023 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34884 |
Actions (login required)
View Item |