DINA NOFITA SARI, 2817123041 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
1. AWAL DINA.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
2. BAB I DINA.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II DINA.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III DINA.pdf Download (956kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV DINA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V DINA.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR RUJUKAN DINA.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dina Nofita Sari, NIM: 2817123041 dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dalam pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga peserta didik kurang berfikir kreatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan partisipasi pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendiskripsikan peningkatan partisipasi pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (3) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan pretasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik dengan nilai KKM 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kerjasama, partisipasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan kerjasama peserta didik meningkat, pada siklus I sebesar 74,51% dan pada siklus II 85,32%. Partisipasi peserta didik juga meningkat, pada siklus I sebesar 83,84% dan siklus II menjadi 91,07%. Adapun analisis hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pre test hingga siklus II yaitu hasil belajar peserta didik saat pre test nilai rata-rata 54,24 dengan ketuntasan belajar 12%, siklus I nilai rata-rata 64,5 dengan ketuntasan 28%, siklus II nilai rata-rata 82,5 dengan ketuntasan 84,6%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan kerjasama, partisipasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123041 DINA NOFITA SARI |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3534 |
Actions (login required)
View Item |