KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS IX MTsN 1 TULUNGAGUNG

NURFITRI HANDAYANI, 12204193086 (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS IX MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Self-Confidence Siswa Kelas IX MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurfitri Handayani, NIM. 12204193086, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Representasi Matematis, Soal Cerita, Peluang, Self-Confidence Representasi matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah dimana sebagian siswa masih kesulitan dalam mengubah permasalahan matematika kedalam bentuk simbol. Kemampuan representasi matematis siswa yang rendah harus digabungkan dengan aspek psikologis, salah satu aspek psikologis tersebut ialah Self-Confidence. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang kelas IX di MTsN 1 Tulungagung, (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self-confidence sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang kelas IX di MTsN 1 Tulungagung, (3) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki selfconfidence rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang kelas IX di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas IX-H MTsN 1 Tulungagung yang mana akan diambil 2 siswa dengan kategori self-confidence tinggi, 2 siswa dengan kategori self-confidence sedang, dan 2 siswa dengan kategori self-confidence rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket self-confidence, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis siswa dengan self-confidence tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang cenderung menggunakan representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi kata atau teks tertulis, serta cenderung yakin dengan hasil pekerjaannya, (2) kemampuan representasi matematis siswa dengan selfconfidence sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang cenderung menggunakan representasi persamaan atau ekspresi matematis dan cenderung kurang yakin dengan hasil pekerjaannya, (3) kemampuan representasi matematis siswa dengan self-confidence rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi cenderung menggunakan representasi persamaan atau ekspresi matematis dan cenderung tidak yakin dengan hasil pekerjaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurfitri Handayani
Date Deposited: 19 May 2023 02:29
Last Modified: 19 May 2023 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35373

Actions (login required)

View Item View Item