ATINA AMALIA SULCHA, 2811123058 (2016) MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUMBERGEMPOL KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJAR 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
cover 2 dan seterusnya .pdf Download (539kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
1. DAFTAR RUJUKAN fix.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumbergempol Kab. Tulungagung Tahun Ajar 2015/2016” ini ditulis oleh Atina Amalia Sulcha, NIM. 2811123058, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. NIP. 19651215 200312 2 001. Kata kunci : Guru PAI, Manajemen Pembelajaran, Motivasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih terdapat beberapa siswa yang mengalami minat yang kurang terhadap mata pelajaran PAI. Dalam proses pembelajaran di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Oleh sebab itu perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?. (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru, sebagai masukan dalam memilih metode atau pendekatan yang sesuai dan efektif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Bagi siswa, sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih bersemangat dalam belajar PAI. bagi pembaca / peneliti lain, sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu peneliti meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 1 Sumbergempol. Data yang peneliti dapatkan dari guru PAI, kepala sekolah, dan wakasek. Sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan : (1) Perencanaan guru PAI dalam pembelajaran menyusun silabus, program tahunan, program semester, dan RPP yang didalamnya merancang strategi, metode, teknik untuk menyampaikan pelajaran PAI didalam kelas. Selain itu, guru pendidikan agama Islam menyusun perencanaan PPP (Profil Pengembangan Pembelajaran PAI). (2) Untuk pelaksanaannya guru PAI menggunakan Pendekatan saintific, berbagai metode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, paikem, discovery (penemuan), dan memanfaatkan sumber dan media. Dalam membangkitkan motivasi belajar siswa guru menggunakan pendekatan spiritual dan jasmani, dan juga memberikan nasehat-nasehat, pujian, punishment disini bukan merupakan hukuman fisik tetapi punishment yang mendidik dan reward. Guru berpenampilan menarik, rapi, bersikap tegas dan menyenangkan. (3) sedangkan untuk evaluasi pembelajaran dapat dicapai melalui absensi atau daftar hadir siswa yang didalamnya berupa kehadiran dan keaktifan siswa, dan juga melalui ulangan harian, ujian semester dan hasilnya dibuat laporan berupa buku rapor siswa. Selain itu guru membuat penilaian yang mencakup aspek kognitif meliputi pengetahuan, pemahaman, menerapkan, analisis, sintetis, evaluasi, kemudian aspek afektif meliputi sikap, tingkah laku, dan juga hubungan sosial yang dilakukan oleh siswa, dan aspek psikomotorik ini meliputi keterampilan atau skill siswa, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang sudah disampaikan gurunya. Dan untuk tesnya bisa berupa tes tulis seperti ulangan harian, ujian semester, maupun tes lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123058 ATINA AMALIA SULCHA |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3545 |
Actions (login required)
View Item |