STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multisitus di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek)

RIZA KURNIA SILFI, 12501194033 (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multisitus di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riza Kurnia Silfi, NIM. 12501194033 “ Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multisitus di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek)”. Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1: Prof. Dr. Achmad Patoni, M. Ag, 2: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yang didasarkan pada fakta di lapangan yaitu: kepala sekolah dituntut mempunyai kemampuan untuk melakukan pembinaan dengan baik terhadap bawahan atau guru-guru yang dipimpinnya, pada kenyataannya tidak semua guru yang mendapatkan pembinaan dari kepala sekolah atau atasannya tersebut dapat meningkatkan profesionalitasnya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik kurangnya penghayatan terhadap keilmuan yang dimilikinya, kurang mempunyai semangat untuk meningkatkan keprofesionalitasnya. Dengan kondisi tersebut akan mempengaruhi kinrja pada guru. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam membangun karakter (ciri-ciri khusus) kinerja guru di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. (2) bagaiman proses peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. (3) bagaimana evaluasi peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan Trenggalek. Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus dengan desain studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah tekni observasi partisipan, teknik wawancara mendalam, teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) ada tiga perencanaan yang digunakan kepala sekolah dalam membangun karakter (ciri khusus) kinerja guru pada ke dua lemabaga tersebut, yaitu: pertama, merumuskan rencana kerja sekolah (RKS). Kedua, mengacu pada kurikulum. Ke tiga, meningkatkan keprofesionalitas guru.(2) ada empat proses peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah yaitu: pertama, pembinaan kepada guru, kedua, meningkatkan melanjutkan study, ketiga, memperhatikan kesejahteraan guru. Keempat, memperhatikan sarana dan prasarana. (3)ada tiga Evaluasi peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah yaitu: pertama, adanya rekap laporan. Kedua, membuat perjanjian antar guru dan kepala sekolah, ketiga, pemberian reaward dan pemberian tugas tambahan kepada guru yang berprestasi serta berkompeten.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194033 RIZA KURNIA SILFI
Date Deposited: 26 May 2023 04:21
Last Modified: 26 May 2023 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35733

Actions (login required)

View Item View Item