EKHLISH MUQTAFI AHMAD, 12201183293 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (808kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Blitar”ini ditulis oleh Ekhlish Muqtafi Ahmad, NIM 12201183293, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbingSuwanto, M.S.I. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangioleh kondisi lingkungan siswa yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar setiap anak tidaklah sama kuatnya. Kondisi lingkungan belajar siswa diduga kuat menentukan tinggi/rendahnya motivasi siswa untuk belajar. Kondisi yang dimaksud adalah kondisi dimana tempat anak-anak belajar, tumbuh dan berkembang, serta suasana yang menyertai pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR. (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas lingkungan belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data lingkungan pendidikan dan motivasi belajar peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Penelitian ini menghasilkan: Pertama, Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR berdasarkan nilai t hitung sebesar 6,865 > t tabel sebesar 0,68 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kedua, Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR berdasarkan nilai t hitung sebesar 4,629 > t tabel sebesar 0,68 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Ketiga, Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 14 BLITAR berdasarkan nilai t hitung sebesar 5,095 > t tabel sebesar 0,68 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari ketiga hasil analisis yang telah dilahkukan dapat diambil kesimpulan bahwa lingkungan belajar yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat semuanya memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar anak. Lingkungan belajar yang dominan dalam memotivasi anak adalah lingkungan keluarga berdasarkan nilai t hitung sebesar 6,865 > t tabel sebesar 0,68 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Apabila lingkungan belajar siswa baik maka motivasi anak untuk belajar akan ikut baik juga, begitu pula sebaliknya apabila lingkungan belajar buruk atau kurang baik maka motivasi anak untuk belajar juga buruk atau kurang baik dan bahkan juga bisa dikatakan menurun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183293 EKHLISH MUQTAFI AHMAD |
Date Deposited: | 03 Jun 2023 01:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2023 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35946 |
Actions (login required)
View Item |