PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA MATERI SPLDV TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK “SORE” TULUNGAGUNG

TIARA NURVIA AZIZAH, 12204193249 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA MATERI SPLDV TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) pada Materi SPLDV terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK “SORE” TULUNGAGUNG” ditulis oleh Tiara Nurvia Azizah, NIM.12204193249, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ), minat belajar, hasil belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh strategi pembelajaran yang masih konvensional dan berpusat kepada guru yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa tersebut menjadikan suasana belajar yang kurang menarik, sehingga siswa cenderung malas dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang menciptakan ruang diskusi yang aktif. Selaras juga dengan system kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka, dimana siswa dihadapkan dengan struktur kurikulum yang sederhana, relevan dan interaktif. Dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) ini nantinya dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa mengalami peningkatan minat belajar yang akan berdampak juga pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap minat belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung, (2) Untuk pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekata kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK “Sore” Tulungagung sebanyak 670 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas X DPIB 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil skor angket dan hasil post-test. Kemudian, dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-test untuk menguji hipotesis ke-1 dan ke-2, dilanjutkan uji Manova untuk menguji hipotesis ke-3. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap minat belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung, (2) Ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung, (3) Ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas X SMK “Sore” Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tiara Nurvia Azizah
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:23
Last Modified: 07 Jun 2023 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36107

Actions (login required)

View Item View Item