STRATEGI PROMOSl MELALUl PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA lNSTAGRAM DALAM MENlNGKATKAN PENJUALAN HOME SERVICE BUSSINES PERSPEKTlF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Home Sevice BBQ Karnevor.id Tulungagung)

MOHAMMAD MAGHFUR ASY’ARI, 12402173330 (2023) STRATEGI PROMOSl MELALUl PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA lNSTAGRAM DALAM MENlNGKATKAN PENJUALAN HOME SERVICE BUSSINES PERSPEKTlF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Home Sevice BBQ Karnevor.id Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini dinilai sangat pesat bila dilihat dari aspek keragaman produk hingga beberapa representasi produsen dalam memasarkan produknya hingga sampai kepada konsumen. Era globalisasi ini mengiringi dinamika kehidupan masyarakat yang semakin memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah penggunaan sosial media sebagai alat pemasaran yang dinilai efektif. Berdasarkan informasi yang diperoleh setidaknya 94% pemakaian internet di Indonesia mayoritas sebagai strategi promosi pada suatu produk tertentu. Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat dilihat dari keragaman fitur yang ditawarkan. Karnevor.id sebagai salah satu pelaku bisnis di era globalisasi ini juga merasa dimudahkan dengan adanya instagram sebagai alat promosi yang efisien karena beberapa fitur yang ada di aplikasi instagram tersebut. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan promosi yang dilakukan melalui sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan produk home service bussines di Karnevor.id Tulungagung, (2) mendeskripsikan hambatan dan solusi promosi yang dilakukan melalui sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan produk home service bussines di Karnevor.id Tulungagung dan (3) menganalisis strategi promosi sesuai perspektif islam yang dilakukan melalui sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan produk home service bussines di Karnevor.id Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang sesuai sebagai metode dalam menganalisis objek Karnevor.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode induktif meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) perencanaan yang dilakukan oleh Karnevor.id sebagai upaya promosi menggunakan media sosial Instagram adalah membuat timeline posting hingga beberapa strategi voucher potongan harga dan informasi terkait pelayanan Karnevor.id dilanjutkan dengan pelaksanaan promosi yang mengimplementasikan rencana tersebut diiringi dengan pengawasan agar hasil yang diperoleh sesuai rencana yang telah disusun, (2) hambatan utama yang terjadi yaitu munculnya persaingan. Persaingan ini muncul baik dari dalam daerah sekitar sendiri maupun dari daerah lain di seluruh Indonesia. Penggunaan media sosial ini tidak hanya memberikan hambatan saja, tetapi juga dapat memberikan solusi yang dapat memberikan keuntungan bagi produsen atau pemilik. Penggunaan teknologi untuk penjualan online dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan yang didapat konsumen dan (3) strategi yang digunakan oleh Karnevor.Id Tulungagung yaitu dengan menggunakan pemasaran melalui online atau media sosial, baik instagram, facebook dan whatsaapp, sebagai salah satu bukti dalam mengikuti perkembangan zaman. Kata Kunci : Strategi promosi, Instagram, Karnevor.id, meningkatkan penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173330 MOHAMMAD MAGHFUR ASY’ARI
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:22
Last Modified: 12 Jun 2023 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item