TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TINDAKAN DRIVER GRAB BIKE UNTUK MEMPEROLEH LABA (Studi Kasus Pada Driver Grab Bike di Tulungagung)

RIZKY MAUDY NUR GHUSNIA, 17101163051 (2023) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TINDAKAN DRIVER GRAB BIKE UNTUK MEMPEROLEH LABA (Studi Kasus Pada Driver Grab Bike di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizky Maudy Nur Ghusnia, NIM. 17101163051, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Tindakan Driver Grab Bike Untuk Memperoleh Laba (Studi Kasus Pada Driver Grab Bike di Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perolehan Laba, Grab Bike Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya driver grab bike di Tulungagung sedangkan jumlah pengguna jasa layanan grab bike yang tidak pasti setiap harinya yang membuat persaingan antara driver untuk mendapatkan jumlah orderan, sehingga dikhawatirkan adanya ketidaksesuaian dari tindakan driver yang memang disengaja untuk mendapatkan insentif dari perusahaan dengan tujuan mendapatkan laba banyak. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manipulasi orderan oleh driver grab bike di Tulungagung untuk memperoleh laba? 2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap manipulasi orderan oleh driver grab bike di Tulungagung untuk memperoleh laba?. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peenelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, serta tekhnik pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tindakan yang dilakukan driver grab di Tulungagung untuk memperoleh laba salah satunya yang mereka lakukan dengan memanipulasi orderan untuk bisa mencapai tambahan jumlah point yang nantinya dapat mereka tukarkan agar bisa mendapatkan bonus insentif dari perusahaan 2) Berdasarkan tindakan dari driver grab bike untuk memperoleh laba jika ditinjau dari etika bisnis Islam maka driver grab bike di Tulungagung belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang ada dalam etika bisnis Islam karena masih adanya kecurangan yang mereka lakukan. Seperti masih ada driver grab bike di Tulungagung yang berlaku tidak jujur kepada pihak perusahaan grab sendiri. Seperti dalam usaha mereka untuk mendapatkan insentif dari perusahaan, dengan berbagai alasan tertentu driver yang belum bisa mencapai target yang ditentukan maka mereka akan melakukan manipulasi terhadap orderan untuk dapat mencapai target point yang ditetapkan oleh perusahaan yang nantinya bisa mereka tukarkan dengan tambahan insentif. Manipulasi tersebut dilakukan driver dengan membuat orderan palsu yang nantinya hal itu membuat jumlah point yang mereka dapatkan akan tercukupi, dengan demikian juga mereka akan dapat mencapai insentif yang telah ditentukan perusahaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163051 RIZKY MAUDY NUR GHUSNIA
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:46
Last Modified: 27 Jun 2023 05:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36550

Actions (login required)

View Item View Item