IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PROGRAM KELAS UNGGULAN SANGGAR KUTUBUT TUROTS SMP BILINGUAL TERPADU DI PESANTREN MODERN AL-AMANAH KABUPATEN SIDOARJO

EKA RUSDIANA, 12207173095 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PROGRAM KELAS UNGGULAN SANGGAR KUTUBUT TUROTS SMP BILINGUAL TERPADU DI PESANTREN MODERN AL-AMANAH KABUPATEN SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Program Kelas Unggulan Sanggar Kutubut Turots di SMP Bilingual Terpadu Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo, ini ditulis oleh Eka Rusdiana, NIM 12207173095, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam negeri Tulungagung di bimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Kelas Unggulan, Sanggar Kutubut Turots Penelitian ini membahas tentang Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Program Kelas Unggulan Sanggar Kutubut Turots di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo. Manajemen peserta didik merupakan penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik sejak peserta didik masuk sekolah sampai keluar dari sekolah. Manajemen peserta didik selain melakukan pencatatan data peserta didik dan meliputi aspek-aspek yang secara operasional dapat digunakan untuk membantu kelancaran pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah. Fokus penelitian skripsi ini meliputi (1) Bagaimana proses rekruitment peserta didik dalam implementasi manajemen peserta didik dalam program kelas unggulan Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana pengelolaan peserta didik dalam implementasi manajemen peserta didik dalam program kelas unggulan Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo? (3) Bagaimana pembinaan peserta didik dalam implementasi manajemen peserta didik dalam program kelas unggulan Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo? (4) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam program kelas unggulan Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Bilingual Terpadu Pesantren Modern Al-Amanah, Kabupaten Sidoarjo.Penelitian ini mengambil judul implementasi manajemen peserta didik pada program kelas unggulan Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu di Pesantren Modern Al-Amanah Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, kyai pesantren, santri dan ketua kepengasuhan putri. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan yaitu sebagai berikut (1) Proses rekruitment peserta didik baru Sanggar Kutubut Turots SMP Bilingual Terpadu dilaksanakan secara sistemik dan infomatif. Proses Penerimaan Santri Baru sistemik merupakan proses yang dilakukan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang telah ada. Sedangkan secara informatif berarti pemberian dan pelayanan informasi untuk Penerimaan Santri Baru yang dilakukan secara online dan dapat diakses melalui website sekolah. (2) Pengelolaan peserta didik dilaksanakan dengan mengikuti program dan target sekolah serta layanan khusus yang diberikan guna mendukung proses perkembangan santri selama di sekolah maupun pesantren. (3) Pembinaan peserta didik dilaksanakan secara komprehensif. Pembinaan peserta didik komprehensif meliputi pembinaan keseluruhan kompetensi peseta didik dalam akademik, dan non akademik, kedisiplinan serta spiritual. (4) Evaluasi manajemen peserta didik meliputi input, proses dan output. Proses rekruitment atau input peserta didik dilakukan secara baik sesuai dengan sistematika yang ada. Terkhusus untuk santri Sanggar Kutubut Turots memiliki beberapa tes khusus. Proses evaluasi meliputi pengelolaan dan pembinaan santri membutuhkan usaha lebih keras, sedangkan output santri yang berkualitas memberikan dampak positif terhadap respon masyarakat untuk program kelas unggulan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173095 EKA RUSDIANA
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:58
Last Modified: 27 Jun 2023 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36612

Actions (login required)

View Item View Item