SITI CHOIRUN NISWAH, 2817123148 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MI AL-HIDAYAH SONO PAPAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
1. Siti Choirun Niswah-Cover-i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Siti Choirun Niswah-BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
3. Siti Choirun Niswah-BAB II.pdf Download (394kB) |
||
|
Text
4. Siti Choirun Niswah-BAB III.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
5. Siti Choirun Niswah-BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. Siti Choirun Niswah-BAB V.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas III MI AL-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Siti Choirun Niswah dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M. Pd. Kata kunci: Strategi CTL, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena, bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang IPS hanya bertumpu pada hafalan dan terampil mengerjakan soal. Bukan berdasarkan pemahaman menghubungkan materi dengan peristiwa sehari-hari atau sesuatu yang mereka lakukan sendiri. Hal tersebut dapat mempengaruhi KKM hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Sono Papar Kediri. Karena peserta didik masih diberi pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi, maka akibatnya mereka kesulitan menalar materi pelajaran, merasa bosan, dan suasana belajar terlihat kurang bermakna. Menyikapi masalah tersebut, perlu menggunakan strategi yang dapat membantu peserta didik mengalami belajar secara nyata, menghubungkan materi dengan peristiwa sehari-hari, dan strategi menyenangkan supaya peserta didik terlibat aktif dengan lingkungan pembelajarannya. Oleh karena itu, diharapkan penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Kegiatan Jual Beli mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran IPS pada materi kegiatan jual beli dapat meningkatkan semangat peserta didik kelas III MI Al-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi kegiatan jual beli pada peserta didik kelas III MI Al-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui semangat belajar dengan penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS dengan materi kegiatan jual beli peserta didik kelas III MI Al-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan penggunaan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS materi kegiatan jual beli pada peserta didik kelas III MI AL-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI AL-Hidayah Sono Papar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 19 peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kegiatan jual beli. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan Penggunaan Strategi Pembelajaran CTL, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan CTL dapat meningkatkan semangat peserta didik pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas III MI AL-Hidayah Sono Papar Kediri. Adapun langkah-langkah Strategi Pembelajaran CTL, meliputi (1) Tahap awal, guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai serta manfaat dari proses pembelajaran, menjelaskan prosedur penelitian, melakukan tanya jawab sekitar tugas yang akan dikerjakan setiap peserta didik. (2) Tahap Inti, pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas dan di lapangan. (3) Tahap akhir, peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan sesuai indikator yang harus dicapai, dan guru memberikan tugas atau evaluasi. Hasil belajar peserta didik dengan penggunaan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) juga menunjukkan adanya peningkatan. Diketahui hasil pengamatan aktivitas peserta didik terdapat peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu 75,96% meningkat menjadi 80,30% dengan kategori baik. Dalam hal ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 52,63% naik menjadi 89,5%. Dan berdasarkan analisis peneliti, hasil pre test siklus 1 sampai pre test siklus 2 juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata 64,73 naik menjadi 80,50. Untuk hasil post test siklus 1 sampai siklus 2 nilai rata-rata 79,68 meningkat menjadi 83,50. Dengan demikian, membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III MI AL-Hidayah Sono Papar Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123148 SITI CHOIRUN NISWAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 06:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
View Item |