MOH. JUNAIDI, 128512203025 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Krtis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ditulis oleh Moh. Junaidi, NIM. 128512203025, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd, M.Si. dan Dr. Dewi Asmarani, M. Pd Kata kunci: Pengembangan LKPD, Penemuan Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar mengajar, dimana minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika selalu rebih rendah. Dalam hal ini diperlukannya pembelajaran yang berinovasi dengan harapan peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk menemukan, menerapkan dan memperdalam konsep matematika. Oleh karena itu, untuk mendorong peserta didik lebih aktif dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar yang berupa LKPD dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui kevalidan (2) Mengetahui kepraktisan (3) Mengetahui keefektifan, hasil pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Model yang digunakan Model ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Impelmentation, Evaluation. Berdasarkan langkah-langkah pengembangan produk, model ADDIE lebih rasional dan lebih lengkap dari pada model pengembangan lain salah satunya mode 4D. Lokasi penelitian ini di MTsN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari validasi, angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kualitatif dan teknik analisa data kuantitatif. Hasil penelitian ini terdiri: (1) Hasil kelayakan kevalidan produk bahan ajar pada penelitian dan pengembangan (R&D) penilaian ahli media ditunjukkan dengan nilai tingkat validitas 82% dan 70%. Sedangkan dari penilaian ahli materi tingkat validitas sebesar 81% dan 73%. Baik uji validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria kevalidan. (2) Hasil kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik yang digunakan, memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,4% sehingga LKPD berbasis penemuan terbimbing dapat dikatan praktis. (3) Keefektifan dilihat dari soal post test peserta didik, hasil uji analis yang dilakukan di kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata sebesar sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya . Ini menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan LKPD dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan LKPD dengan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163197 MOH. JUNAIDI |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 23:18 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 23:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36697 |
Actions (login required)
View Item |