STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi pada Jajanan Khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek)

AYUDYA HAPSARI, 12402193031 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi pada Jajanan Khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Home Industry dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat (Studi Pada Jajanan Khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek)” ini diteliti oleh Ayudya Hapsari, NIM. 12402193031, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga membuat para pelaku usaha dituntut untuk terus mengembangkan usahanya. Usaha kecil seperti home industry mampu bertahan ditengah persaingan dan menjadi salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana strategi pengembangan usaha pada home industry jajanan khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek? 2) Apa saja faktor pendukung dalam pengembangan usaha pada home industry jajanan khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek? 3) Apa saja faktor penghambat dalam pengembangan usaha pada home industry jajanan khas Trenggalek di Kelurahan SurodakanKecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, buku, jurnal, pamflet, dan sumber bacaan lainnya. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Strategi pengembangan yang dilakukan home industry jajanan khas Trenggalek di Kelurahan Surodakan ada hal yang paling utama pada pengembangan produk dimana produk yang dikembangkan merupakan inovasi dari produk sebelumnya yang didukung oleh terjaganya kualitas. Disamping itu, strategi pengembangan yang dilakukan walaupun skalanya tidak terlalu besar tetapi mampu memberikan dampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat seperti penyerapan tenaga kerja dan bahan baku dari penduduk sekitar. 2) Faktor pendukung dalam pengembangan home industry yaitu kualitas sumber daya manusia yang cukup, modal yang mendukung dalam kegiatan usaha, persediaan bahan baku yang memenuhi kebutuhan, teknologi mesin dalam pembuatan produk, dan lingkungan yang kondusif sehingga mendukung kelancaran usaha. 3) Faktor penghambat dalam pengembangan home industry yaitu sulit mendapatkan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan konsisten dan cuaca yang tidak mendukung dalam proses produksi sehingga variasi jajanan yang dihasilkan dapat berkurang. Kata kunci: strategi pengembangan, home industry, dan kesejahteraan perekonomian masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193031 Ayudya Hapsari
Date Deposited: 30 Jun 2023 00:06
Last Modified: 30 Jun 2023 00:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36725

Actions (login required)

View Item View Item