PERAN USTADZ/USTADZAH MADRASAH DINIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA MAHASANTRI (Studi Multikasus di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

LAILATUL LUTFAH, 128506203014 (2023) PERAN USTADZ/USTADZAH MADRASAH DINIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA MAHASANTRI (Studi Multikasus di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Thesis dengan judul “Peran Ustadz/Ustadzah Madrasah Diniyyah dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) pada Mahasantri (Studi Multikasus di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ini ditulis oleh Lailatul Lutfah, NIM. 128506203014, dengan dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I., dan Prof. Dr. H. Imam Fu’adi. M.Ag. Kata Kunci: Peran Ustadz/Ustadzah, Kemampuan BTQ Penelitian tesis ini dilatarbelakangi adanya mahasiswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan latar belakang dari lulusan Madrasah atau bukan dari madrasah seperti SMA dan SMK. Sehingga diadakan adanya Baca Tulis AlQur’an (BTQ) dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada mahasiswa. Maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan BTQ pada mahasantri, peran ustadz/ustadzah sangatlah penting untuk mengajar, membimbing, menjadi teladan serta memotivasi mahasantri agar menjadi insan kamil. Pertanyaan penelitian tesis ini yaitu (1) Bagaimana Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Pengajar dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?, (2) Bagaimana Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis AlQur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?, (3) Bagaimana Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung? Tujuan penelitian tesis ini adalah (1) Untuk Menjelaskan Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Pengajar dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, (2) Untuk Menjelaskan Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, (3) Untuk Menjelaskan Peran Ustadz/ Ustadzah Madrasah Diniyyah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Metode penelitian tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multikasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data menggunakan keajekan pengamatan, triangulasi sumber, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian tesis ini adalah (1) Peran Ustadz/Ustadzah sebagai Pengajar dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dilaksanakan tiga tahap yaitu pertama, Perencanaan Pembelajaran, meliputi: menyiapkan dan mempelajari materi BTQ sesuai kompetensi atau rencana pembelajaran BTQ, Kedua, pelaksanaan xv Pembelajaran, a) Kegiatan awal, meliputi:membiasakan memulai dengan salam dan membaca do’a, memberi motivasi di awal kegiatan pembelajaran, mengulangi materi yang sudah dipelajari sebelumnya. b) Kegiatan Inti, meliputi menjelaskan materi baru dengan penerapan makhorijul huruf sesuai kaidah tajwid c) Kegiatan Penutup, meliputi menyelingi dengan cerita pengalaman hidup/kisah zaman dahulu, membaca surat pendek, melakukan refleksi, membaca do’a dan salam. Ketiga, Evaluasi Pembelajaran meliputi: membaca satu per satu, penugasan, Ujian Kenaikan jilid, Ujian Munaqasah dan Ujian Remidi bagi mahasantri yang tidak lolos BTQ. (2) Peran Ustadz/ Ustadzah sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu yaitu disiplin waktu, mempunyai wudhu ketika membaca Al-Qur’an, dan menyarankan berpenampilan sopan dan rapi ketika pembelajaran BTQ, selalu mengingatkan mahasantri nderes ketika pembelajaran BTQ berlangsung dan melalui Whatsapp, mengganti pola-pola dalam mengajar. (3) Peran Ustadz/ Ustadzah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ pada Mahasantri di IAIN Kediri dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu memberi nasihat, mendapatkan sertifikat kelulusan, memberi motivasi dengan menjadi pemimpin dan pendidik di masa yang akan datang serta menceritakan pengalaman hidup.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203014 LAILATUL LUTFAH
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:52
Last Modified: 03 Jul 2023 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36805

Actions (login required)

View Item View Item