FARIDHOTUL ULFA NI'MATUR ROHMAH, 12204173030 (2023) PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII MTs BOARDING SCHOOL DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemahaman Relasional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Aljabar kelas VIII MTS Boarding School Darul Falah Tulungagung” ini ditulis oleh Faridhotul Ulfa Ni’matur Rohmah, NIM. 12204173030, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keluarga, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Berpikir Rasional, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Pembelajaan matematika harus mengedepankan terhadap pemahaman. Apabila ingin mempelajari matematika dengan baik maka peserta didik harus mampu menguasai konsep dalam matematika. Peserta didik juga harus mampu menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman relasional akan mampu mengenali kaitan antar konsep dan prosedur serta dapat memberikan alasan yang tepat untuk menjelaskan konsep dan prosedur matematika yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika. (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MTs Boarding School Darul Falah. Subjek dalam penelitian 2 orang siswa dengan kemampuan tinggi, 2 orang siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 orang siswa berkemampuan rendah. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur untuk menguji keabsahan dilakukan dengan melakukan ketekunan pada pengamatan, triangulasi data dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan : (1) Siswa dengan kemampuan tinggi telah memenuhi 7 dari 10 indikator pemahaman relasional. indikator yang belum terpenuhi yakni: Mengetahui kapan menggunakan prosedur. Memberikan argumen yang logis dalam melakukan prosedur. Mengenali bentuk soal baru yang dapat diselesaikan menggunakan prosedur (2) Siswa dengan kemampuan sedang hanya memenuhi 4 dari 10 indikator pemahaman relasional. (3) Dan siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu memenuhi 1 dari 10 indikator pemahaman relasional, indikator tersebut yakni mampu menentukan apa yang diketahui dari permasalahan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204173030 FARIDHOTUL ULFA NI'MATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 09:08 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 09:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36855 |
Actions (login required)
View Item |