MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH PENYELENGGARA RISET DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Multi Situs pada MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar)

PUTRI ELFA NUR IZZA, 128501203018 (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH PENYELENGGARA RISET DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Multi Situs pada MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Izza, Putri Elfa Nur 2022 “MANAJEMEN PENGEMBENGAN KURIKULUM MADRASAH PENYELENGGARA RISET DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Multi Situs pada MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar)”, Program Pascasarjana, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam , Universitas Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Pembimbing: 1. Prof. Dr. Akhyak, M. Ag. 2. Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum Madrasah Penyelenggara Riset, Daya Saing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era disrupsi 4.0 yang membawa banyak sekali perubahan termasuk di dunia pendidikan, madrasah dituntut kreatif dalam mengembangkan lembaga agar mampu mencetak lulusan yang berdaya guna. Kementrian Agama meluncurkan SK Madrasah Penyelenggara Riset pada tahun 2020 bagi madrasah-madrasah terpilih sebagai upaya untuk menggeliatkan pembelajaran riset di madrasah. Seiring dengan hal tersebut, diperlukan sebuah pengembangan kurikulum agar pembelajaran riset di madrasah dapat berjalan optimal dan mencetak output sesuai dengan yang diharapkan. Kurikulum dalam interaksinya dengan perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan selalu bersifat dinamis, kurikulum tidak hanya sebagai bagian yang menentukan perwujudan masyarakat masa depan sebagaimana dicita-citakan bangsa, tapi juga harus selalu mengikuti tuntutan perubahan, sehingga pengembangan kurikulum merupakan hal yang harus dilakukan oleh madrasah. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum madrasah penyelenggara riset di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar dalam meningkatkan daya saing? (2) Bagaimana pengorganisasian pengembangan kurikulum madrasah penyelengara riset di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar dalam meningkatkan daya saing? (3) Bagaimana implementasi pengembangan kurikulum madrasah penyelenggara riset di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar dalam meningkatkan daya saing? (4)Bagaimana evaluasi pengembangan kurikulum madrasah penyelenggara riset di MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 1 Blitar dalam meningkatkan daya saing? Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dalam bentuk multi situs. Situs I Manajemen pengembangan kurikulum Madrasah Penyelenggara Riset di MTsN 2 Kota Kediri dan Situs II Manajemen pengembangan kurikulum di MTsN 1 Blitar, sumber datanya informan dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data Situs I dan Analisis data Situs II akan dijadikan bahan temuan kasus I dan temuan kasus II yang digunakan penentuan proposisi lintas Situs yang selanjutnya dianalisis dalam lintas Situs. Hasil penelitian pada tesis ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Pengembangan Kurikulum Madrasah Penyelenggara Riset didasarkan pada potensi dan kebutuhan madrasah dan diperkuat oleh adanya SK Pendis No 6757 Tahun 2020 tentang penetapan Madrasah Penyelenggara Riset. Perencanaan pengembangan kurikulum di diawali dengan membuat tim pengembang kurikulum dan tim riset. Langkah selanjutnya yakni meriview visi misi madrasah dan tujuan madrasah sebagai landasan dalam membuat perencanaan pengembangan kurikulum yang kemudian dilanjutkan dengan review kurikulum. Perencanaan pengembangan kurikulum membahas menentukan landasan pengembangan kurikulum, menentukan tujuan dan isi kurikulum, menentukan metode/strategi pembelajaran, menentukan kegiatan/pengalaman belajar dan menentukan strategi penilaian/evaluasi kurikulum. (2) Pengorganisasian mulai dalam perencanaan, pelaksaanan dan pengawasan dilakukan secara berkesinambungan untuk memberikan hasil yang maksimal. Pegorganisasian dilaksanakan secara internal pada seluruh warga madrasah/sekolah dan eksternal pada kegiatan asosiasi atau workshop dan kerjasama dengan kemitraan. (3) Pelatihan dan bimbingan teknologi diberikan kepada guru sebagai bekal dalam implementasi pengembangan kurikulum madrasah penyelenggara riset. Pelaksanaan pengembangan kurikulum pada tingkatan guru terkait dengan proses pembelajaran di lingkungan madrasah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaan kurikulum direalisasikan dalam proses belajar mengajar dalam hal ini guru yang bertanggung jawab melaksanakannya melalui proses belajar mengajar secara efektif. Pelaksanaan pengembangan kurikulum madrasah penyelenggara riset merupakan realisasi dari apa yang sudah direncanakan didalam perencanaan kurikulum untuk mencapai tujuan yang dikehendaki oleh madrasah. (4) Evaluasi pengembangan kurikulum terdiri dari evaluasi hasil belajar dan evaluasi pengembanagn kurikulum. Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan melalui kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Evaluasi kurikulum dilakukan dalam rapat tahunan dimana tim pegembang kurikulum memberikan laporan untuk mengetahui keefektifan pengembangan kurikulum. Hasil analisis daya saing sebelum melakukan manajemen pengembangan kurikulum dan setelah melakukan manajemen pengembangan kurikulum menunjukkan peningkatan daya saing madrasah. Dengan demikian maka manajemen pengembangan kurikulum yang telah dilakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi menghasilkan produk yang hasilnya dapat meningkatkan daya saing Madrasah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MANAJEMEN 128501203018 Putri Elfa Nur Izza
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:00
Last Modified: 28 Nov 2023 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36951

Actions (login required)

View Item View Item