Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu

Nu’us, Paridatun (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Akhlak Siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1 PDF OK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 PDF OK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 PDF OK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 PDF OK.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 PDF OK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER PDF OK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN PDF OK.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Kecerdasan Emosional, akhlak siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kecerdasan emosional suatu keadaan yang bergejolak dari individu sebagai penyesuaian diri dalam lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan individu. Salah satu upaya untuk membantu individu dalam mengembangakan kecerdasan emosional adalah dengan membentuk akhlak yang baik dalam berperilaku yang baik, mempunyai sopan santun, berbudi pekerti yang baik, dan disinilah akhlak berperan penting dalam perilaku siswa agar menjadi dewasa, mandiri, tanggung jawab dan ber akhlakul karimah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu? (2) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri sendiri di SMP Negeri 1 Boyolangu?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kecerdsasan emosional siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri sendiri terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 1 Boyolangu. Skripsi ini berguna bagi siswa dapat dijadikan acuan untuk mengetahui konsep-konsep kecerdasan emosional, sehingga terwujud akhlakul karimah yang baik kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi pendidikdapat dijadikan informasi atau bahan masukan dalam membimbing tingkah laku (akhlak) yang saat ini mengalami banyak perubahan mulai dari tingkah laku, sopan santun agar menjadi manusia yang berakhlak karimah Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kecerdasan emosional dan akhlak siswa. metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode dukumentasi digunakan untuk memperoleh data saat melakukan penelitian sebagai arsip. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa. Dengan xvii variabel terikatnya adalah akhlak siswa (Y) dan variabel bebasnya adalah kecerdasan emosional (X). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 58 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Boyolangu pada tanggal ....2014. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa atau sebanyak 51 siswa (90,34%) memiliki tingkat kecerdasan emosional (EQ) tinggi, sedangkan sisanya yaitu sebanyak 7 siswa (10,76%) memiliki tingkat kecerdasan emosional (EQ) sedang tinggi, 0 siswa memiliki tingkat kecerdasan emosional (EQ) rendah. Secara umum tingkat kecerdasan emosional (EQ) siswa diSMP Negeri 1 Boyolangu tinggi. (2) Ada pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap akhlak siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai perhitungan Regresi Linier Sederhana menghasilkan nilai Fhitung = 11,367, Nilai Fhitung akan dibandingakan dengan Ftabel. Nilai Ftabel dengan dfreg= 1 dan dfres = 56 adalah 4,01 pada taraf 5%. (3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri sendiri terhadap akhlak siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai perhitungan Regresi Linier Sederhana menghasilkan nilai Fhitung = 8,387, nilai Fhitung akan dibandingakan dengan Ftabel. Nilai Ftabel dengan dfreg = 1 dan dfres = 56 adalah 4,01 pada taraf 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:30
Last Modified: 08 Dec 2014 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item