PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING RUMAH QURANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG

FITA ARINDA, 12505194026 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING RUMAH QURANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Rumah Qurani dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz Amma di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung“ ini ditulis oleh Fita Arinda NIM 12650514026 dengan dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Dr. Luk Luk Nurmufida , M.Pd. Kata Kunci: E-learning, Rumah Qurani, Juz Amma Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan metode yang konvensional sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton selain itu kurang tersedianya media pembelajaran inovatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal Juz Amma yaitu pada mata pelajaran Al Qur’an hadis. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran di kelas masih banyak siswa menggunakan metode yang membosankan. Sehingga siswa kurang tertarik untuk menghfal Juz Amma. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan e-learning Rumah Qurani sebagai media pembelajaran mata pelajaran Al Qur’an hadist untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Juz Amma. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran e-learning rumah Qurani dalam meningkatkan kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Al Plus Al Istighotsah Tulungagung; (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran e-learning rumah Qurani dalam meningkatkan kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Al Plus Al Istighotsah Tulungagung; (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menghafal Juz Amma peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran e-learning rumah Qurani dalam meningkatkan kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Al Plus Al Istighotsah Tulungagung; (4) Bagaimana keefektifan media pembelajaran e-learning Rumah Qurani dalam meningkatkan kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) karena penelitian ini digunakan untuk menghasilkan prodak tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Proses atau langkah penelitian sebagai berikut: 1. Pemilihan sekolah, 2. Potensi dan masalah, 3. Pengumpulan data, 4. Desain produk, 5. Uji validasi pakar, 6. Revisi produk, 7. Uji coba lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data penilaian peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran e-learning Rumah Qurani dan setelah menggunakan media pembelajaran e-learning Rumah Qurani. Sedangkan observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran menghafal Juz Amma, respon peserta didik, dan keadaan peserta didik. Hasil penelitian dengan mengembangkan e-learning Rumah Qurani sebagai media pembelajaran menghafal Juz Amma peneliti menyimpulkan bahwa e-learning Rumah Qurani sebagai media pembelajaran layak digunakan berdasarkan hasil data analisis dari ahli media pada aspek kebahasaan 80 %, aspek penyajian media sebesar 86,66%, aspek pengaruh penggunaan media sebesar 84%, aspek tampilan menyeluruh sebesar 76,66%. Sedangkan kelayakan materi mendapat nilai prosentase untuk aspek isi materi sebsesar 80% dan aspek pembahasan materi 82%. Selain itu nilai mean post-test 92,05 pada kelas eksperimen sedangkan kelompok kelas kontrol memiliki nilai mean sebesar 76,46. Nilai rata –rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning Rumah Qurani mampu meningkatkan kemampuan menghafal Juz Amma peserta didik. Keefektifan produk dilihat dari data uji-t kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu diperoleh nilai t hitung yakni sebesar 9,070. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (untuk df=44) yaitu 2,015 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning Rumah Qurani efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: S2 12505194026 Fita Arinda
Date Deposited: 09 Jul 2023 02:53
Last Modified: 09 Jul 2023 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37130

Actions (login required)

View Item View Item