NURLAILI DEVYANTI, 12402193162 (2023) PENGEMBANGAN POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG (Studi Kasus di Pasar Bandung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembagan Potensi Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus di Pasar Bandung Tulungagung)” ini ditulis oleh Nurlaili Devyanti dengan NIM 12402193162, Pembimbing Dr. H. Mashudi, M. Pd. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan seiringnya peningkatan dan majunya perekonomian secara global, masyarakat cenderung lebih suka berbelanja di pasar modern yang dimarenakan pasar modern pengelolaan lebih modern, bersih, nyaman, dan praktis. Sedangkan kondisi pasar tradisional ini lebih tidak diperhatikan pemerintah terhadap fasilitas umum, dan identik dengan kumuh, bau, kotor, dll. Pemerintah Tulungagung mengadakan pembangunan beberapa fasilitas umum, salah satunya pelaksanaan pengembangan potensi pasar Bandung yang membawa dampak kepuasan bagi para pedagang. Dari adanya pengembangan, beberapa padagang merasakan adanya perubahan setelah pengembangan pasar terkait revitalisasi yang telah dilakukan pasar Bandung Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Pembinaan disiplin Pedagang pada Pasar Tradisional Bandung dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang? (2) Bagaimana Edukasi Menciptakan Pasar Bersih pada Pasar Tradisional Bandung dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang? (3) Bagaimana Pengetahuan Dasar Pedagang pada Pasar Tradisional Bandung dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang? Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis data penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di pasar Bandung Kabupaten Tulungagung, sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian skripsi ini, yaitu (1) pertama, pembuatan aturan dan melakukan sosialisasi secara rutin. kedua, penegakan aturan tersebut dan pengenaan sanksi bagi setiap pelanggaran. ketiga, menciptakan pola pengamanan bersama. (2) pengedukasian dalam menciptakan pasar yang sehat dengan dukungan fasilitas yang menjamin pasar bersih serta pengupayaan terjaminnya pasar yang nyaman. (3) pertama, pelatihan administrasi pembukuan dalam pencatatan transaksi. kedua, pelatihan strategi penjualan, dimana pengetahuan tentang tatacara promosi penjualan. ketiga, penerapan sistem stok dan delivery karena pelarangan menimbun barang. keempat, informasi harga barang di pasar dengan penerapan grub untuk penginformasian harga agar tidak mematikan penjualan pedagang lain. kelima, pemahaman perilaku konsumen, dimana bagaimana cara menarik konsumen serta kenyamanan pelanggan saat berbelanja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pasar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402193162 NURLAILI DEVYANTI |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:41 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37162 |
Actions (login required)
View Item |