PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS III SDIT AL-ASROR RINGINPITU

FITRI ANDINI, 12205193004 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS III SDIT AL-ASROR RINGINPITU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Pecahan Kelas III SDIT Al-Asror Ringinpitu” ini di tulis oleh Fitri Andini, NIM. 12205193004, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar. Pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru kurang melibatkan peran aktif siswa dalam memperoleh pengetahuan sehingga menyebabkan banyak siswa kurangnya motivasi untuk belajar matematika. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berperan aktif di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran numbered head together (NHT) dapat menodorong motivasi dan hasil belajar dengan cara berfikir bersama, menjawab serta menjelaskan hasil diskusinya, sehingga dapat mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar materi penjumlahan pecahan. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar materi penjumlahan. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar materi penjumlahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDIT Al-Asror Ringinpitu yang berjumlah 50 peserta didik. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas III-A yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas III-B yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh melalui teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Karena jumlah populasi pada penelitian ini relatif kecil, kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan data motivasi belajar menggunakan angket motivasi belajar. Instrumen pengukuran sebelum digunakan untuk memperoleh data, dilaksanakan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent t- test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahawa:(1) Ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar. Hal ini dilihat dari perolehan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193004 FITRI ANDINI
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:43
Last Modified: 12 Jul 2023 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37229

Actions (login required)

View Item View Item