Zainun Nasikah, 2811123029 (2016) Pengaruh Kebiasaan Membaca Sejarah Islam Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung. [ Skripsi ]
|
Text
1. BAGIAN AWAL SKRIPSI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
2. MOTTO dan Persembahan.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
3. PRAKATA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
13. BAB VI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BIODATA PENULIS.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Membaca Sejarah Islam dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MTs Al-Huda Bandung”, ini ditulis oleh Zainun Nasikah, NIM. 2811123029. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Sejarah Islam, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya manfaat membaca terutama bagi siswa, salah satunya adalah menambah pengetahuan mereka. Salah satu mata pelajaran yang menuntut siswa supaya membacanya adalah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). SKI adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), di dalamnya terdapat cerita tentang Islam pada masa lampau. Salah satu cara agar siswa mampu menguasai pelajaran SKI adalah membiasakan dirinya dengan membaca sejarah Islam. Namun, sebagian besar siswa masih memiliki kebiasaan membaca sejarah Islam yang kurang. Selain membiasakan diri dengan membaca sejarah Islam, motivasi belajar SKI juga sangat dibutuhkan agar tujuan pembelajaran SKI dapat tercapai secara efisien. Mata pelajaran SKI sering dianggap sulit dan kadang juga membosankan apabila guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi. Ini menjadi sebab rendahnya motivasi siswa untuk mempelajari SKI. Kedua hal tersebut (kurangnya kebiasaan membaca sejarah Islam dan rendahnya motivasi belajar SKI) dapat mengakibatkan hasil belajar SKI siswa tidak bisa maksimal. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca sejarah Islam terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung. 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung. 3. Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca sejarah Islam dan motivasi belajar terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan populasi siswa MTs Al-Huda Bandung tahun pelajaran 2015-2016, yang terdiri dari 588 siswa. Dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling diperoleh sampel: 238 siswa. Variabel bebas: Kebiasaan membaca sejarah Islam dan motivasi belajar. Variabel terikat: Hasil belajar SKI. Sumber data: Responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 21.0. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca sejarah Islam terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung kebiasaaan membaca sejarah Islam = -1,527 lebih kecil dari t-tabel = 1,790. Ini dikarenakan nilai SKI siswa pada rapor tidak hanya diukur dari aspek kognitif saja, melainkan juga dari aspek afektif dan psikomotorik. Sedangkan kebiasaan membaca sejarah Islam, hubungannya mengarah pada nilai dari aspek kognitif. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung yang ditunjukkan oleh t-hitung motivasi belajar = 3,648 lebih besar dari t-tabel = 1,790. Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan dalam belajar. Ketiga, ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kebiasaan membaca sejarah Islam dan motivasi belajar terhadap hasil belajar SKI siswa di MTs Al-Huda Bandung yang ditunjukkan oleh nilai F tabel = 7,683 dan pengaruhnya sebesar 6,1%. Kebiasaan membaca sejarah Islam yang baik dan disertai dengan motivasi belajar SKI yang tinggi dapat membuat tujuan pembelajaran SKI tercapai secara efisien.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123029 Zainun Nasikah |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 07:18 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3754 |
Actions (login required)
View Item |