JAVA PUTRA SANJAYA, 12209193011 (2023) PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF SISWA SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosila di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Java Putra Sanjaya, NIM. 12209193011, Program Studi Ttadris Ilmu Pengetahuan Sosial (T.IPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Saayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), yang dibimbimg oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Penggunaan, Problem Solving, Aspek Kognitif, IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rebdahnya kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Metode pembelajaran yang diterapkan masih mengunkan metode konvensional, yaitu metode ceramah. Ketika pembelajaran berlangsung tidak banyak siswa yang merasa bosan, jenuh dengan apa yang disampaikan guru. metode problem solving merupakan metode pembelajaran dengan cara memecahkan masalah, yang menuntut siswa untuk belajar mandiri, berfikir kritis, kreatif, dan aktif. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Tahap Persiapan Pengunaan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, 2) Bagaimana Proses Penggunaan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, 3) Bagaimana Hasil Penggunaan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait persiapan, pengunaan, dan hasil pengunaan metode problem solving yang ada di SMPN 1 Ngantru Tulungagung untuk meningkatkan aspek kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data mengunakan pola dari Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Dalam tahap persiapan pengunaan metode problem solving, guru IPS melakukan persiapan pembelajaran berupa menyiapkan RPP, media belajar dan sumber belajar. 2) Proses pembelajaran pengunaan metode problem solving mengunakan beberapa tahapan yaitu mendefinisikan masalah, mendiaknosis masalah, merumuskan alternatif strategi, menentukan dan menerapkan strategi, dan melakukan evaluasi strategi. 3) Metode problem solving cocok dan efektif untuk meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Dibuktikan siswa mampu berfikir kritis, kreatif, aktif dan mampu belajar secara mandiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209193011 Java Putra Sanjaya |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37598 |
Actions (login required)
View Item |