PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM HOLISTIK INTEGRATIF

KUSNUL WAHYUNINGTYAS, 12206193069 (2023) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM HOLISTIK INTEGRATIF. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kusnul Wahyuningtyas. 2023. Peran Guru dalan Pembelajaran Motorik Kasar melalui Senam Holistik Integratif. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Susanto, M.Or Kata Kunci : Peran Guru, Motorik Kasar, Senam Holistik Integratif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di lapangan, bahwa guru memiliki cara yang menarik dalam mengajarkan pembelajaran motorik kasar kepada anak dengan cara yang menyenangkan melalui senam holistik integratif, banyak anak yang antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran motorik kasar. bahwa kemampuan motorik kasar anak merupakan titik awal untuk menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pembelajaran tentang motorik kasar anak perlu diperhatikan dan diajarkan kepada anak sesuai dengan perkembangan usianya. Motorik Kasar merupakan bagian dari kemampuan perkembangan anak, sehingga juga merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Motorik Kasar dilakukan melalui proses pembelajaran Senam Holistik Integratif di KB Harapan Bunda dan TK Dharma Wanita 1 Besuki. Fokus penelitian ini adalah untuk (1) Bagaimana Peran Guru sebagai Pengajar dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif, (2) Bagaimana Peran Guru sebagai Mediator dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif, (3) Bagaimana Peran Guru sebagai Evaluator dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di KB Harapan Bunda dan TK Dharma Wanita 1 Besuki. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, teknik dan waktu. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran Guru sebagai Pengajar dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif di lembaga KB Harapan Bunda dan TK Dharma Wanita 1 Besuki, Guru sebagai pengajar memiliki tiga peran penting yang pertama yaitu mengarahkan anak dengan membantu dalam diskusi dan kegiatan pembelajaran, kedua membimbing anak agar dapat mengembangkan kemampuannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya, ketiga menstimulasi atau memberikan dorongan kepada anak agar semakin giat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Motorik Kasar melalui Senam Holistik Integratif. (2) Peran guru sebagai Mediator dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif di lembaga KB Harapan Bunda dan TK Dharma Wanita 1 Besuki, Guru sebagai mediator bertugas untuk menyediakan setiap media pembelajaran, memberikan motivasi dan semangat kepada anak dengan kalimat-kalimat penyemangat dan memberikan berbagai macam-macam media pembelajaran hal tersebut bertujuan agar anak-anak tidak mudah bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (3) Peran Guru sebagai Evaluator dalam Pembelajaran Motorik Kasar Anak melalui Senam Holistik Integratif di lembaga KB Harapan Bunda dan TK Dharma Wanita 1 Besuki Sebagai evaluator guru berperan untuk merencanakan evaluasi dengan menyusun instrumen, komponen dan tujuan evaluasi, kemudian melaksanakan proses evaluasi dengan mengambil data dan informasi melalui aktifitas anak, cacatatan anekdot dan hasil karya, yang terakhir adalah melaporkan hasil evaluasi ke dalam buku laporan capaian perkembangan anak. Kesimpulan dari penelitian ini peran guru merupakan hal yang penting untuk dipahami, dengan pemahaman yang dimiliki guru dapat menyampaikan pembelajaran motorik kasar secara tepat kepada anak. Peran guru melalui senam holistik integratif adalah dengan melakukan perannya sebagai pengajar, mediator dan evaluator dengan melatih dan mengajari anak kemampuan motorik kasar melalui gerakan- gerakan senam. Sehingga senam holistik integratif dapat menjadi salah satu media pembelajaran motorik kasar yang menyenangkan untuk anak dan membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar anak

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193069 Kusnul Wahyuningtyas
Date Deposited: 23 Jul 2023 10:39
Last Modified: 23 Jul 2023 10:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37639

Actions (login required)

View Item View Item