TSANIA MAHALUL A'LA, 12204193066 (2023) PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SMALB SLB KANIGORO KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (613kB) | Preview |
Abstract
Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan anak tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri yang membutuhkan kehidupan sosial yang layak. Dengan adanya pembelajaran anak tunagrahita dapat mengembangkan potensi mereka agar dapat bergaul dan dapat diterima di lingkungan keluarga dan masyarakatnya, terutama pada pembelajaran matematika yang diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran matematika anak tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika anak tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras (3) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran matematika anak tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan model creswell yang terdiri dari beberapa langkah, antara lain: menyiapkan dan mengorganisir data, membaca dan melihat seluruh data, melakukan coding, membentuk deskripsi dan tema, menginterpretasi makna dari data. Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penyusunan perencanaan pembelajaran seperti tujuan pembelajaran, metode, strategi, alat/ media, materi ajar dan instumen evaluasi disesuaikan dengan kemampuan siswa karena keterbatasan yang dimiliki siswa tunagrahita serta pelaksanaan belum sesuai dengan perencanaan pembelajaran. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran matematika terdiri dari 4 unsur, diantaranya materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, metode pembelajaran dengan metode demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan drill, media pembelajaran dengan papan tulis, spidol, dan papan hitung, hambatan pembelajaran yang terdiri dari faktor internal berupa keterbatasan anak tunagrahita dan faktor eksternal berupa sarana dan prasarana. (3) Evaluasi pembelajaran di SMALB SLB Kanigoro sama dengan evaluasi pada sekolah reguler namun dengan modifikasi sehingga anak tunagrahita dapat mengerjakannya. Terdapat beberapa tahap evaluasi, setelah evaluasi diberikan, anak tuangrahita yang belum memenuhi standar dari guru akan melakukan remedial dan yang sudah memenuhi standar melakukan pengayaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193066 Tsania Mahalul A'la |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37671 |
Actions (login required)
View Item |