`KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE YANBU’A DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

AFIFAH HARDYAH ASY'ARI, 17201163302 (2023) `KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE YANBU’A DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta didik melalui Metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” yang ditulis oleh Afifah Hardyah Asy’ari, NIM. 17201163302, dibimbing oleh Bapak Moh. Mashudi M.Pd.I Kata kunci : Kompetensi Guru, Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Penelitian dilakukan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang merupakan Sekolah yang berbeda dengan lainnya, dimana dalam sekolah ini semua guru di tuntut untuk menguasi kemampuan membaca Al-Qur’an. Jadi, tidak hanya peserta didiknya saja yang belajar membaca Al-Qur’an akan tetapi gurunya juga belajar. Dalam lembaga tersebut pembinaan membaca Al-Qur’an dengan metode yanbu’a diperuntukkan bagi semua guru. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang kemampuan guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an bagi Peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? 2) Bagaimana kompetensi profesional guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? 3) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 3) Untuk mendiskripsikan kompetensi Pedagogik guru dalam meningkatkan keterampilan membaca AlQur’an peserta didik jilid 3 melalui metode yanbu’a di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif study kasus. Sumber data diperoleh dari person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan versi Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi, dan pemerikasaan teman sejawat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi kepribadian guru memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, sikap disiplin waktu maupun kehadiran, memiliki rasa tanggungjawab terhadap tugasnya, dan adanya evaluasi untuk diri sendiri. 2) Kompetensi profesional guru ditunjukkan dengan adanya penguasaan materi Al-Qur’an, setoran yanbu’a, pembinaan membaca Al-Qur’an 3) Kompetensi pedagogik ditunjukkan dengan adanya pemahaman terhadap peserta didik, metodologi yanbu’a, evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik memalui metode yanbu’a.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163302 AFIFAH HARDYAH ASY'ARI
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:47
Last Modified: 25 Jul 2023 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37693

Actions (login required)

View Item View Item