الدراسة المقارنة بين متخرجي المدرسة الإبتدائية و المدرسة الإبتدائية الإسلامية في رغبة تعلم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف باكونج أودان أوو بليتار

EVI DIAH KARTIKASARI, 12202193093 (2023) الدراسة المقارنة بين متخرجي المدرسة الإبتدائية و المدرسة الإبتدائية الإسلامية في رغبة تعلم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف باكونج أودان أوو بليتار. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Study Komparasi antara Lulusan Sekolah Dasar (SD) dengan Lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) terhadap Minat Belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar”. Evi Diah Kartikasari, NIM : 12202193093, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I Kata Kunci : Minat belajar, Bahasa Arab, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah Latar Belakang Masalah : Minat belajar bahasa Arab merupakan suatu hal perlu diperhatian dalam pembelajaran. Minat belajar tersebut akan bermuara pada perolehan hasil belajar. Ketidak seimbangan antusias siswa saat proses pembelajaran bahasa Arab merupakan indikasi rendah tingginya minat siswa belajar bahasa Arab. Atas dasar tersebut perlunya telaah yang lebih dalam mengukur minat belajar siswa tersebut. Rumusan Masalah : 1) Apakah ada perbedaan antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) terhadap minat belajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?, 2) Apakah faktor yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?, 3) Apakah upaya yang dilakukan untuk mengatasi minat belajar bahasa Arab antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Tujuan Penelitian : 1) Untuk mengetahui perbedaan antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) terhadap minat belajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) terhadap minat belajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi minat belajar antara lulusan sekolah dasar (SD) dengan lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) terhadap minat belajar bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Metode yang digunakan : Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kuantitatif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, instrumen penelitiannya adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, adapun metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisa data yang bersifat statistik. Hasil Penelitian : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwasannya ada perbedaan cukup signifikan antara minat belajar bahasa Arab antara alumni SD dengan alumni MI. Hal tersebut dilihat dari rata-rata hasil angket siswa alumni SD dengan nilai 59,70% dan rata-rata hasil angket alumni MI dengan nilai 63,33%. Angket tersebut mengacu pada empat aspek yaitu aspek motivasi, partisipasi, perhatian, tanggapan. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa ada dua yakni 1) Faktor Internal yang meliputi kondisi kognitif dan psikologis siswa dan 2) Faktor Eksternal yang meliputi faktor sosial dan faktor non sosial adapun upaya peningkatan yang dapat dipilih antara lain, memberikan jam mata pelajaran bahasa Arab sebagian diwaktu pagi, memberikan pembelajaran yang bervariasi pada saat proses pembelajaran bahasa Arab (metode dan media inovatif), serta memberikan motivasi-motivasi disetiap pertemuan agar para siswa bersemangat saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193125 Rovina Damayanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:33
Last Modified: 25 Jul 2023 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37719

Available Versions of this Item

  • الدراسة المقارنة بين متخرجي المدرسة الإبتدائية و المدرسة الإبتدائية الإسلامية في رغبة تعلم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية المعارف باكونج أودان أوو بليتار. (deposited 25 Jul 2023 02:33) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item