CITRA IKA PRASETYA, 12210193099 (2023) PENGEMBANGAN GROOVED BUTTON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI UNTUK SISWA KELAS X MA NURUL ULUM MUNJUNGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Grooved Button, media pembelajaran, unsur pembangun puisi Media yang sesuai untuk digunakan pada pembelajaran pascapandemi saat ini harus bersifat fleksibel dengan memanfaatkan teknologi yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Maka dari itu, pada penelitian ini dilakukan pengembangan terhadap media pembelajaran dengan memperhatikan masalah yang terjadi di MA Nurul Ulum Munjungan. Secara garis besar, masalah yang terjadi di MA Nurul Ulum Munjungan adalah belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut mengakibatkan materi yang disampaikan tidak utuh apabila diharuskan untuk menghadirkan bahan tayang, dalam hal ini mengenai analisis unsur pembangun puisi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah media pembelajaran yang bernama Grooved Button untuk kelas X MA Nurul Ulum Munjungan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan pengembangan Grooved Button sebagai media pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi untuk siswa kelas X MA Nurul Ulum Munjungan dan untuk mendeskripsikan kelayakan penggunaan Grooved Button sebagai media pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi untuk siswa kelas X MA Nurul Ulum Munjungan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model waterfall. Data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan terbagi menjadi dua jenis, yaitu instrumen prapengembangan dan instrumen uji produk. Instrumen prapengembangan berupa angket analisis kebutuhan, wawancara, dan studi dokumen. Instrumen data uji produk terdiri dari penilaian ahli, guru/praktisi, dan siswa yang memuat lembar komentar berupa saran perbaikan terhadap media Grooved Button. Teknik analisis data yang digunakan pada data deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus P = S / N x 100% untuk menghitung persentase kelayakan berdasarkan skor yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah berupa media pembelajaran Grooved Button yang telah tervalidasi kelayakannya berdasarkan persentase pengujian oleh ahli materi, ahli media, ahli informatika & teknologi, guru/praktisi, dan siswa kelas X MA Nurul Ulum Munjungan. Persentase kelayakan keseluruhan aspek oleh ahli materi sebesar sembilan puluh tiga koma enam puluh tiga persen, ahli media sebesar sembilan puluh empat koma delapan puluh satu persen, ahli informatika & teknologi sebesar sembilan puluh delapan persen, guru/praktisi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar sembilan puluh tiga persen, ketuntasan siswa dalam memahami materi memperoleh rata-rata nilai sebesar sembilan puluh enam, dan pengujian media kepada siswa memperoleh persentase sebesar sembilan puluh dua persen. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media Grooved Button sangat layak untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi untuk siswa kelas X MA Nurul Ulum Munjungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193099 CITRA IKA PRASETYA |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 09:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 09:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37724 |
Actions (login required)
View Item |