REZA NUR ATIKARAHMA BINTI BAHRUDIN, 12205193059 (2023) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA BANJAREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Make A Match dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjarejo.” Ini ditulis oleh Reza Nur Atikarahma Binti Bahrudin, NIM 12205193059, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Septinaningrum, M. Pd. Kata kunci : Model Make a Match, motivasi belajar, hasil belajar. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam saat ini cenderung masih membosankan dan membuat peserta didik kurang fokus terhadap materi yang disampaikan oleh guru, sehingga banyak peserta didik yang belum tuntas dalam pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Tipe Make a Match dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di MI Miftahul Huda Banjarejo (2) Apakah dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V MI Miftahul Huda Banjerejo (3) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah menggunakan Model Pembelajaran Tipe Make a Match di kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan peserta didik, lembar angket, serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini berdasarkan siklus 1 dengan 2 kali pertemuan menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik melalui angket adalah 84,16%. Lembar aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan 1 mendapat hasil dalam persentase yaitu 61,11% dengan kriteria cukup sedangkan, pada siklus I pertamuan 2 dengan persentase 63,88% yang memiliki kriteria cukup. Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I pertemuan 1 mendapatkan persentase 63,54% yang memiliki kriteria cukup dan siklus I pertemuan 2 mendapatkan hasil persentase 65,62% yang memiliki kriteria cukup. Hasil belajar pada siklus I sebanyak 60% tuntas belajar sedangkan 40% peserta didik tidak tuntas. Pada siklus II dengan 1 kali pertamuan hasil pengamatan aktivitas peserta didik mendapatkan jumlah 11 dengan persentase 86,11% yang memiliki kriteria sangat baik. hasil pengamatan aktivitas guru siklus II mendapatkan persentase 75% yang memiliki kriteria baik. Hasil belajar pada siklus II sebanyak 85% tuntas sedangkan 15% tidak tuntas. Oleh karena itu hasil belajar peserta didik pada pada mata pelajara IPA kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo pada siklus II berdasarkan hasil penelitian telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193059 REZA NUR ATIKARAHMA BINTI BAHRUDIN |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 09:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 09:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37753 |
Actions (login required)
View Item |