PENERAPAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI WAHID HASYIM BAKUNG

NUR CHOLIDA, 12205193098 (2023) PENERAPAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI WAHID HASYIM BAKUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

ABSTRAK Cholida, Nur. 2023. Penerapan Aktifitas Belajar Siswa dalam Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Susanto, M. Or Kata kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Pembelajaran IPA Pembelajaran IPA adalah kumpulan pengetahuan dan juga kumpulan proses. Berdasarkan pengalaman awal yang telah dilakukan, permasalahn yang terjadi pada pembelajaran IPA yaitu masih rendahnya aktivitas belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, sangat perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan peningkatan aktivitas belajaran menggunakan metode eksprimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan belajar siswa dalam metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan aktivitas belajar siswa metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dilakukan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan atau memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan metode eksperimen untuk pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung yaitu siswa belajar mengikuti pedoman yang digunakan dalam pembelajaran yaitu RPP dan mata pelajaran IPA diajar oleh wali kelas, tidak diajar oleh guru mata pelajaran. Pelaksanaan kegiatan belajar siswa metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung yaitu tahap pertama persiapan melakukan eksperimen, tahap kedua adalah pelaksanaan eksperimen oleh guru dan siswa, dan tahap ketiga adalah tindak lanjut eksperimen, artinya membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan atau dievaluasi. Sedangkan faktor pendukung kegiatan belajar siswa dalam metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung adalah profesional. dan guru yang kreatif, siswa yang aktif, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat aktivitas belajar siswa metode eksperimen pada pembelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung adalah guru yang jarang menerapkan metode eksperimen, siswa yang gaduh, dan alokasi waktu yang terbatas. Kesimpulannya, penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di MI Wahid Hayim dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193098 NUR CHOLIDA
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:53
Last Modified: 24 Jul 2023 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37807

Actions (login required)

View Item View Item