PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BLITAR

FITA AIMMATUT TAQIYA, 12209193118 (2023) PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Take and Give Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar” ini ditulis oleh Fita Aimmatut Taqiya, NIM. 12209193118, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd, M.Sc. Kata Kunci: Metode Take and Give, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tentang pemahaman siswa pada materi IPS cukup rendah karena penggunaan metode pembelajaran kurang bervariasi yang menyebabkan siswa bosan dan kurang termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar siswa rendah. Salah satu upaya yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode take and give sehingga siswa semangat dan tidak bosan dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh metode Take and Give terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar? (2) Bagaimana pengaruh metode Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Take and Give terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan yaitu variabbel bebas dan variabel terikat. Sampel pada penelitian ini diambil dari kelas VIII C dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII I dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data pada penelitian ini yaitu uji instrument penelitian, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode take and give terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar terdapat pengaruh yang signifikan. Hal tersebut berdasar dari output uji t-test dengan perolehan masing-masing nilai Sig. (2tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan ketentuan kriteria pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penerapan metode take and give terdapat pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193118 FITA AIMMATUT TAQIYA
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:06
Last Modified: 25 Jul 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37900

Actions (login required)

View Item View Item