PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

RANTI AGMA KURNIA SARI, 12204193107 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Ranti Agma Kurnia Sari. NIM. 12204193107. Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan siswa kurang bersemangat saat pembelajaran dan kesulitan dalam memahami materi. Sehingga guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Model pembelajaran TTW merupakan model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap, yaitu berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write). Dalam model pembelajaran TTW, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan ide-ide mereka sendiri, kemudian dapat mengungkapkan pemikirannya secara lisan maupun tulisan pada saat diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-K sebagai kelas eksperimen kelas VII-J sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes materi aritmatika sosial, serta analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTsN 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193107 RANTI AGMA KURNIA SARI
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:52
Last Modified: 25 Jul 2023 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37927

Actions (login required)

View Item View Item