KHAIRUL MUSTAKIM, 12401193045 (2023) STRATEGI PEMASARAN PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG DAN BMT UGT NUSANTARA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran pada Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Anggota di BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar” oleh Khairul Mustakim NIM. 12401193045. Prodi Perbankan Syariah Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Fia Rahma, M.S.A Penelitian dilatarbelakangi karena dilihat dari perkembangan anggota yang baik di setiap tahunnya terutama pada pembiayaan murabahah. Strategi pemasaran memberikan peluang bagi BMT untuk lebih berkembang. BMT bertujuan meningkatkan kualitas usaha ekonomi untuk kesejahteraan anggota khususnya pada masyarakat mikro. BMT juga memiliki fungsi utama yaitu sebagai media penyalur dana atau harta ibadah, seperti zakat, infak, sedekah dan wakaf, serta berfungsi sebagai institusi yang bergerak di bidang investasi yang bersifat produktif, sebagaimana layaknya bank. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi produk pada pembiayaan murabahah dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggota di BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar. (2) Untuk mengetahui strategi harga pada pembiayaan murabahah dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggota di BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar. (3) Untuk mengetahui strategi tempat pada pembiayaan murabahah dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggota di BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar. Metode dengan pendekatan kualitatif dan berjenis deskriptif digunakan untuk penekanan pada fakta berbentuk kata. Data dan sumber data menggunakan data primer. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, didukung dengan observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan triagulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi produk yang di pakai BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar sudah diterapkan dengan baik mengembangkan dan menciptakan berbagai produk sesuai kebutuhan anggota serta membantu perekonomian bagi anggota. (2) Penerapan strategi harga yang dilakukan BMT Sahara Tulungagung dan BMT UGT Nusantara Blitar sudah sesuai dengan kesepakatan bersama yang berkisar antara 2,5% - 2,7% tanpa memberatkan anggota dan tidak adanya tipu muslihat. (3) Penerapan strategi pada tempat sudah efektif dilakukan dengan menganalisis segmen pasar dan kondisi perekonomian di daerah masing-masing BMT. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Murabahah Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401193045 KHAIRUL MUSTAKIM |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37944 |
Actions (login required)
View Item |