DUWI FITRIANA, 12212193003 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERINTEGRASI MULTIPEL REPRESENTASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM-BASA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Terintegrasi Multipel Representasi sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam-Basa” ini ditulis oleh Duwi Fitriana, NIM. 12212193003, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, SETS, Multipel Representasi, Asam-Basa Kegiatan pembelajaran saat ini masih banyak yang berpusat pada guru, di mana guru lebih banyak memberikan penjelasan materi tanpa memberikan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga hal ini dapat menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara, sebagian besar peserta didik merasa kesulitan pada materi asam-basa serta tidak bisa mengkaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-harinya. Selain itu, guru juga cenderung tidak menyajikan materi kimia yang mengandung aspek multipel representasi, sehingga mengakibatkan tidak utuhnya pemahaman peserta didik. Di sisi lain media pembelajaran yang digunakan masih berbasis cetak (LKS dan buku paket), kurang adanya penyajian materi dengan kehidupan sehari-hari serta aspek multipel representasi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu mengkaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yakni dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) yang juga diintegrasikan dengan aspek multipel representasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis SETS terintegrasi multipel representasi pada materi asam-basa, 2) mengetahui kelayakan dari e-modul yang telah dikembangkan, serta 3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul tersebut. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar validasi, serta angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh 2 validator ahli yang terdiri dari 1 dosen kimia dan 1 guru kimia di SMAN 1 Sutojayan Blitar. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 35 peserta didik kelas XI MIPA 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-modul berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terintegrasi multipel representasi pada materi asam-basa. 1) E-modul ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi model 3D dengan tiga tahap pengembangan yakni define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan), serta dengan menggunakan bantuan Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Canva, Chem Draw Professional, Chem 3D, Quizizz, dan Flip PDF Professional. 2) E-modul tersebut dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi dan ahli media dengan persentase sebesar 91% dan 95%. 3) Hasil analisis angket respon peserta didik terhadap e-modul diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | S.Pd. 12212193003 Duwi Fitriana |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37973 |
Actions (login required)
View Item |